Sunday, November 14, 2010

The Document Foundation

The Document Foundation merupakan organisasi baru yang didirikan dengan tujuan untuk menjadikan paket aplikasi perkantoran OpenOffice.org tetap bersifat free software, dan dapat dikembangkan oleh komunitas luas. The Document Foundation didukung oleh sejumlah perusahaan, seperti Google, Novell, dan Red Hat. Organisasi ini juga membuat LibreOffice, yakni aplikasi turunan dari OpenOffice.org.

Asal mula didirikannya The Document Foundation adalah karena adanya rasa khawatir komunitas OpenOffice.org terhadap komitmen Oracle terhadap proyek OpenOffice.org, setelah mereka mengakuisisi Sun Microsystems. Baru-baru ini, terdapat berita preview Oracle tentang paket aplikasi perkantoran berbasis komputasi awan, sehingga menambah momentum komunitas untuk membuat proyek OpenOffice.org yang independen.

Meski proyek ini hanya sebagai upaya untuk membuat proyek OpenOffice.org yang bersifat bebas, namun merupakan upaya pertama yang memiliki dukungan dari komunitas. LibreOffice juga mendapat dukungan dari sejumlah pihak, seperti FSF, OSI, OASIS, dan Canonical. Paket LibreOffice dapat di-download di url www.documentfoundation.org.

Sumber : Majalah bulanan InfoLINUX 11/2010

No comments:

Post a Comment