Monday, October 04, 2010

Urbi Robotic

Gostai, perusahaan asal Perancis yang memiliki spesialisasi dalam perangkat lunak robotika, telah mengumumkan kalau mereka telah membuka source code Urbi. Urbi adalah sistem operasi robotika yang digunakan oleh sejumlah robot yang bersifat komersial. Urbi memiliki kompabilitas dengan sistem operasi Linux, Windows, dan sejumlah sistem operasi yang lain. Urbi menggunakan script bernama urbiscript, yang secara default sudah mengintegrasikan paralelisme dan pemrograman berbasis event.
Pada pengumuman yang diberikan pada konferensi ICRA'10 di Alaska, Jean-Christophe Baillie, pendiri dan CEO Gostai's, menjelaskan kalau dengan menjadikan Urbi berlisensi open source, maka akan memberikan kepastian kepada para pengguna bahwa Urbi akan selalu tersedia secara bebas bagi siapa saja untuk dapat menggunakan, memeriksa, dan berbagi. Di samping itu, Urbi mempertahankan model Iisensi ganda yang memberikan dukungan tambahan untuk para mitra komersial.

Saat ini, sejumlah perusahaan komersial tercatat sudah menjadi pengguna Urbi, di antaranya Sony Aibo, iRobot Create, LEGO Mindstorm NXT, Aldebraran Nao, MobilRobots Pioneer, Segway RMP, Meccano dan Spykee.

Sumber : Majalah bulanan InfoLINUX edisi 10/2010.

No comments:

Post a Comment