Monday, October 04, 2010

Kemajuan Dukungan OpenStack

Inisiatif yang melahirkan proyek OpenStack dan telah diumumkan empat minggu lalu, kini menunjukkan kemajuan dengan sejumlah hasil awal. Sebagai hasilnya, kini OpenStack sudah mendukung virtualisasi KVM, XenServer dan VirtualBox.
Dalam waktu yang singkat telah terbentuk komunitas pengembang yang aktif, dan saat ini telah tergabung sekitar 30 perusahan, termasuk di antaranya AMD, Citrix, Dell, Intel, Rackspace, dan institusi ruang angkasa NASA. Tercatat lebih dari 100 pengembang setiap harinya yang aktif di OpenStack-IRC-Channel, dan kontribusi kode yang diterima proyek ini sudah mencapai 1250 Code Contribution.

Sebelum proyek ini dilansir, telah ada proyek Launchpad Python-Code untuk penyimpanan berorientasi objek (Swift) dan sistem pengelolaan (Nova). Nova berkiblat ke antarmuka layanan awan dari Amazon EC2 dan S3, sedangkan Swift bermuara dari pengembangan Rackspace yang menggunakan REST sebagai antarmuka. Seperti dijanjikan satu bulan lalu, rilis pertama nantinya berupa komponen Storage dijadwalkan rilis pada bulan September 2010.

Sumber : Majalah bulanan InfoLINUX edisi 10/2010.

No comments:

Post a Comment