Monday, October 04, 2010

Google Talk Video Chat Plugin

Google tidak dikenal sebagai pembuat aplikasi desktop. Namun kini, Google telah membuat sebuah aplikasi desktop Linux yang spesial. Untuk dapat melakukan chat melalui suara atau video, Google telah membuat plugin browser yang dapat bekerja dengan baik pada desktop Linux. Aplikasi ini bernama Google Talk Video Chat Plugin.
Tristan Schmelcher, Software Engineer di Google, memberi penjelasan bahwa para pengguna Linux yang telah menunggu untuk dapat berkomunikasi melalui suara maupun video melalui Gmail, kini sudah dapat melakukan hal tersebut dengan adanya Google Talk Video Chat Plugin. Aplikasi chat melalui suara dan video dari Google ini, sudah mendukung distro Ubuntu dan sejumlah distro turunan Debian yang lain. Sedangkan paket untuk distro berbasis RPM, direncanakan akan menyusul kemudian.

Paket untuk distro berbasis Debian, tersedia dalam bentuk binari. Untuk dapat menggunakan langsung, paket ini juga cukup mudah dilakukan. Cukup download paket.deb aplikasi ini, dan lakukan instalasi dengan paket manajemen software yang Anda inginkan.

Versi Linux dari plugin ini menjadi permintaan dari banyak para pengguna. Pengembangan aplikasi ini cukup sulit dikerjakan, karena menggunakan metode rendering video yang sifatnya baru untuk menghadirkan fitur video chat di dalam web browser. Plugin untuk Linux juga memiliki kesamaan dengan versi Windows maupun Mac, dengan tujuan utama untuk dapat menghadirkan fungsi chat via video, dan suara yang lengkap di platform Linux.

Chat melalui video dan suara melalui Gmail, iGoogle, dan Orkut, kini telah didukung pada ketiga platform sistem operasi tersebut. Paket aplikasi Google Talk Video Chat Plugin untuk distro Ubuntu 10.04 LTS, kini sudah dapat di-download dari url http://linux.softpedia.com/progDownload/Google-Talk-Video-Chat-Plugin-Download-59432.html.

Sumber : Majalah bulanan InfoLINUX edisi 10/2010.

No comments:

Post a Comment