Monday, October 04, 2010

Artikel pada Majalah InfoLINUX edisi 10/2010

Dalam edisi Oktober 2010, majalah bulanan InfoLINUX menulis berbagai tutorial bagi pengguna Linux dan Open Source Software. Artikel dalam majalah InfoLINUX selalu menarik bagi siapa saja yang menggunakan Open Source Software, apapun distronya. Dalam edisi kali ini dibahas tentang Warnet OSS, IDS, Radio Streaming, GIF Animation, teknik enkripsi/dekripsi, tip di Python, tip di OpenOffice.org Calc dan tip di BlankOn.
  1. Warnet Bebas Bajakan. Anda akan dijelaskan bagaimana mengelola Warnet tanpa harus menggunakan perangkat lunak bajakan, yaitu menggunakan perangkat lunak Open Source. Salah satu perangkat lunaknya adalah Zencafe.
  2. Konfigurasi Billing Sistem Mkahawa. Mkahawa merupakan aplikasi billing untuk warnet berbasis Linux, yang memberikan kemudahan perhitungan tarif penggunaan Internet oleh user/client warnet.
  3. Deteksi dan cegah intrusi pada jaringan dengan suricata. Intrusion Detection System (IDS) bukanlah hal baru, banyak yang telah melakukannya. Mobil dengan alarm pencurian, gedung-gedung dengan pendeteksi kebakaran, rangkaian listrik dengan pendeteksi hubungan singkat, dan lain-lain. Dalam artikel ini, penulis akan menjelaskan instalasi dan penerapan sederhana perangkat lunak pendeteksi gangguan atau IDS.
  4. Bahasa-bahasa pemrograman unik. Dalam artikel ini akan dibahas berbagai bahasa pemrograman unik. Bahasa-bahasa tersebut, antara lain menawarkan konsep baru, cara pemrograman minimalis, keanehan tertentu, topik tertentu yang tidak beihubungan dengan komputer, atau Sepenuhnya untuk humor.
  5. Stasiun Radio Streaming Berbasis Icecast2. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi Internet, siapa saja kini dapat membangun stasiun radio denganmudah, karena tidak membutuhkan izin lisensi untuk dapat melakukan transmisi siaran melalui udara. Teknologi yang biasa digunakan untuk membangun stasiun radio berbasis Internet ini dinamakan teknologi streaming.
  6. Membuat GIF Animasi dengan GIMP. Menggunakan GIMP, kita bisa membuat GIF animasi dengan cara sangat mudah. Cukup siapkan saja gambar-gambar yang ingin diikutkan dalam animasi. Gambar-gambar tersebut bisa dalam berbagai format (PSD, PNG, JPG, GIF, BMP atau lainnya).
  7. Kripik : Program Enkripsi/Dekripsi File Sederhana. Ingin menyimpan arsip terenkripsi? Kita bisa menggunakan Kripik. Kripik dapat mengarsip banyak file dan direktori sekaligus, menerapkan kompresi (gzip atau bzip2) apabila diminta, dan kemudian mengenkripsi dengan algoritma AES. Apabila diperlukan, arsip Kripik dapat didekripsi dan diekstrak.
  8. Workshop Office: tambahkan animasi teks pada sheet; peroleh tipe isi sel; melakukan proteksi sheet; konversi oktal ke binari, desimal, dan heksa.
  9. Workshop Programming Python: mendapatkan path absolut; ketahui versi interpreter python; bekerja dengan hash MD5; uji hak akses pada file.
  10. Workshop Distro: kejutan BlankOn di hari kemerdekaan.
Jangan sampai terlewat untuk membeli InfoLINUX edisi kali ini.

Sumber : Majalah bulanan InfoLINUX edisi 10/2010.

No comments:

Post a Comment