Monday, October 04, 2010

Tambahan Waktu Dukungan RHEL

Red Hat menambahkan dukungan selama 3 tahun untuk Red Hat Enterprise Linux (RHEL) melalui layanan Extended Life Cycle Support (ELS). Layanan ini tersedia bagi para pelanggan berbayar. Tambahan waktu dukungan ini berlaku juga untuk para pelanggan korporat hingga waktunya mencapai 7-10 tahun namun terkecuali bagi para pelanggan RHEL 3.
Dukungan RHEL 3 yang sedianya akan berakhir pada akhir Oktober 2010, dengan ELS maka dukungan RHEL 3 akan bertambah hingga Oktober 2013. Hampir mirip dengan tiga fase dari Red Hat Enterprise Linux Life Cycle, ELS juga akan berfokus pada perbaikan sejumlah masalah yang bersifat kritis ketimbang menambah fitur umum terbaru. Selain itu, dukungan juga hanya tersedia untuk beberapa komponen dari distro bersangkutan. Sejumlah aplikasi utama yang biasa terdapat pada sistem desktop, tidak termasuk ke dalam kontrak dukungan yang diberikan.

Sangat menarik juga untuk menantikan apakah CentOS, distro turunan dari RHEL, akan memberikan tambahan waktu dukungan seperti layanan ELS yang diberikan oleh Red Hat.

Sumber : Majalah bulanan InfoLINUX edisi 10/2010.

No comments:

Post a Comment