Sunday, June 27, 2010

Mengetahui penggunaan bandwidth

Kadang kala saya iseng-iseng melihat aktifitas penggunaan bandwidth melalui Winbox-nya MikroTik. Terlihat ada aktifitas tinggi pada suatu atau beberapa VLAN tertentu, padahal hari libur (Sabtu dan Minggu) atau diluar jam kerja. Saya bertanya-tanya, siapa gerangan yang melakukan aktifitas tersebut. Memang, saat ini saya sudah tahu cara melihat pengguna bandwidth per gedung atau per satker. Namun saya belum tahu cara mengetahui siapa di gedung atau satker tersebut yang aktif melakukan koneksi. Ternyata MikroTik sudah menyediakan tool untuk mengetahuinya, yaitu Torch.
Torch adalah tool di MikroTik yang berfungsi sebagai Realtime traffic monitor. Tool ini dibuat untuk mendeteksi aktifitas koneksi yang terjadi pada jaringan kita dengan mengimplementasikan tool ini di wilayah interface tertentu. Secara umum, tool ini dapat mengetahui asal alamat IP, tujuan alamat IP, nama protocol, port yang digunakan baik asal maupun tujuan port dan dapat juga mengetahui data rate (Tx/Rx) penggunaan bandwidth.

Misal, Anda ingin mengetahui aktifitas di seluruh VLAN. Masuk ke menu Tools -> pilih sub menu Torch. Isikan paramater sbb:
Interface: ether3-vlan
Entry T
imeout: 00:00:03 (default)
Src. Address: 0.0.0.0/0 (default)

Dst. Address: 0.0.0.0/0 (default)

Src. Address: enable (contreng)

Dst. Address: enable (contreng)

Protocol: enable (contreng)
Port: enable (contreng)

Protocol: any (default)

Port: any (default)

Klik Start. Tunggu beberapa saat hingga tampil aktifitas.

Torch juga bisa untuk mengamati aktifitas di suatu VLAN dengan mengisi Src. Address dengan alamat IP subnet VLAN yang ingin diamati, misal isikan dengan 192.168.44.0/24. Isian yang lain biarkan sama dengan isian di atas.

Atau, Anda hanya ingin mengamati aktifitas seorang pengguna saja. Hal ini bisa dilakukan dengan mengisi Src. Address dengan alamat IP pengguna tersebut, misal 192.168.42.106.

Untuk melihat port yang dibuka oleh suatu server (serpong) juga bisa menggunakan tool Torch. Isikan :
Interface: ether2-gateway
Entry T
imeout: 00:00:03 (default)
Src. Address: 202.46.x.y

Dst. Address: 0.0.0.0/0 (default)

Src. Address: enable (contreng)

Dst. Address: enable (contreng)

Protocol: enable (contreng)
Port: enable (contreng)

Protocol: any (default)

Port: any (default)


Sebenarnya Anda juga bisa mengetahui siapa yang menggunakan PC tersebut atau ingin membatasi bandwidth PC tersebut. Next time lah.

Semoga bermanfaat.

1 comment: