Friday, July 02, 2010

Menambah MAC Address ke Linksys WRT54GL

Untuk mengamankan wireless access point dari pengguna yang tidak diijinkan, sebaiknya sistem keamanannya dimanfaatkan. Salah satu sistem keamannya adalah filter MAC Address. Sistem keamanan ini mengharuskan semua komputer yang akan menggunakan wireless access point harus didaftarkan MAC Address-nya. Kalau belum didaftarkan, komputer tersebut tidak bisa memanfaatkan wireless access point.

Namun sebelum memasukkan MAC Address, MAC Address dari komputer yang akan didaftarkan harus sudah di tangan. Salah satu cara mengetahui MAC Address di Windows adalah menjalankan perintah baris "ipconfig/all" dari MS DOS Prompt. Biasanya MAC Address ada di field "Physical Address" dengan kode kira-kira "00-1D-E0-61-7A-9D". MAC address ada 12 angka.

Setelah MAC Address dipegang, masuk ke Linksys Wireless-G Broadband Router WRT54GL dengan menggunakan web browser. Langkah selanjutnya adalah :
  1. Masukkan IP Address WRT54GL ke address bar di web browser, misal : http://192.168.13.3/
  2. Masukkan username dan password administrator
  3. Masuk ke menu Wireless -> Sub menu Wireless MAC Filter
  4. Klik tombol "Edit MAC Filter List" lalu isikan MAC dengan pola "00:1D:E0:61:7A:9D". Di sini pemisah angka menggunakan titik dua, bukan minus seperti di atas.
  5. Klik Save Settings
  6. Sekarang komputer sudah terdaftar di wireless access point.
Untuk menampilkan MS DOS Prompt, ketikkan "cmd" di Run... (untuk Windows XP atau yang sejenis) atau ketikkan "cmd" di Search (untuk Windows 7). Maaf kalau salah, soalnya jarang pakai Windows.

No comments:

Post a Comment