Thursday, July 01, 2010

Protokol P2P uTorrent

BitTorrent Inc., perusahaan yang berada di belakang suksesnya protokol berbagi file secara peer-to-peer, telah mengumumkan kalau kode uTorrent Transport Protocol (uTP) kini tersedia sebagai open source.
Protocol uTP bertujuan untuk memaksimalkan keluaran jaringan dan meminimalkan kepadatan jaringan, serta dapat memberikan hasil keseluruhan yang lebih baik untuk kedua pihak, baik ISP maupun pengguna akhir. Selain itu, uTP juga diklaim dapat bekerja dengan baik di lingkungan pengguna rumahan, dan menjaga sebuah sistem yang menggunakan protocol BitTorrent dari penggunaan bandwidth yang berlebih.

Menurut posting-an Simon Morris, Vice President of Marketing and Product, BitTorrent Inc., pada blog BitTorrent, dengan menjadikan uTP sebagai protokol open source, maka diharapkan banyak aplikasi klien BitTorrent yang akan mengadopsi protokol ini. Saat ini, protokol uTP baru di adopsi oleh uTorrent, salah satu aplikasi klien BitTorrent yang bersifat proprietary. Source code untuk pustaka uTP, saat ini sudah tersedia di GitHub dan dirilis dalam lisensi MIT License. Source code lengkap uTP, dapat di-download dari url http://github.com/bittorrent/libutp.

Sumber : Majalah bulanan InfoLinux 07/2010

No comments:

Post a Comment