Thursday, July 01, 2010

Rilis MeeGo 1.0

Intel dan Nokia telah mengumumkan versi 1.0 dari MeeGo Core Software Platform dan MeeGo Netbook User Experience. MeeGo merupakan distro untuk perangkat mobile yang dibuat sebagai bentuk kerja sama, di bulan Februari untuk menggabungkan platform IntelMoblin dan Nokia Maemo di bawah naungan Linux Foundation.

MeeGo v1.0 Core Software Platform, telah menyertakan Kernel Linux 2.6.33, Udev dan DeviceKit sebagai interface antara aplikasi dan perangkat keras, filesystem Btrfs, X.org, telephone stack, bluetooth stack, dan berbagai nacam framework multimedia.

MeeGo Netbook User Experience yang dibuat berbasiskan platform inti, menawarkan kustomisasi tampilan desktop untuk netbook, kemudahan akse ke situs jejaring sosial, dan web browser Google Chrome. MeeGo v1.0 menggunakan Qt 4.6.2 sebagai pustaka GNU-nya

Untuk versi netbook, MeeGo 1.0 sudah menyediakan dua buah file iso untuk netbook berbasis Intel Atom dengan Google Chrome atau Core Software Platform. Sebuah image MeeGo 1.0 lain tersedia untuk platform ARM yang ditujukan untuk Nokia N900. Informasi lanjut mengenai MeeGo dapat merujuk ke url http://meego com.

Sumber : Majalah bulanan InfoLinux 07/2010

No comments:

Post a Comment