Sunday, November 01, 2009

Ubuntu Moblin Remix Edition

Selama Intel Developer Forum yang berlangsung di San Fransisco pada 22-24 September, Canonical, Dell dan Intel mengambil kesempatan untuk memberi informasi tentang Ubuntu Moblin Remix Developer Edition. Sistem operasi ini menggunakan software dari Ubuntu Linux untuk tampilan inti Moblin Versi 2.0, library, dan aplikasinya.

Untuk Ubuntu Moblin Remix Edition, Canonical telah bergabung dengan Dell dan Intel untuk memperluas inti dari sistem operasi Moblin dengan fitur-fitur, serta penampilan yang baru. Distribusi ini hadir sebagai sistem operasi yang telah terinstal di sebuah netbook. Hal ini berguna bagi para pengembang yang tertarik akan perkembangan Moblin karena pengembang tidak perlu dipusingkan untuk membuat driver atau memodifikasi Moblin agar dapat berjalan dengan hardware yang dimiliki sehingga pengembang dapat langsung melakukan pengembangan. Dell Inspiron Mini lOv, netbook yang menggunakan prosesor Intel Atom di dalamnya, tersedia sebagai sebuah platform untuk pengembangan dan percobaan aplikasi-aplikasi Moblin.

Dell memiliki produk netbook yang terinstalasi Ubuntu Linux secara default, sejak tahun 2007. Menurut John Thode yang merupakan vice president Dell, bekerja sama dengan Intel dan Canonical, Dell bisa menawarkan pioneer platform pengembangan Moblin, Inspiron Minu l0v, yang diusahakan untuk unjuk kerja yang lebih baik, waktu boot yang lebih cepat, masa baterai yang lebih lama, dan sebagainya.

Menurut Mark Shuttleworth, Moblin tetap terus bergairah sebagai sebuah proyek dengan aplikasi dan perkembangan baru. Hal yang mengagumkan membawa rilis ini bersama Dell bagi pengembang yang ingin berpartisipasi dalam Moblin. Selanjutnya, Intel dan komunitas Moblin membawa investasi pada ekosistem Linux, dan proyek ini bertindak sebagai jembatan ke Moblin untuk para pengembang.

Sumber :
Majalah InfoLinux 11/2009

No comments:

Post a Comment