Sunday, November 01, 2009

AOSI Siap Gelar GCOS 2009

Sejak deklarasi bersama Indonesia Go Open Source (IGOS) pada 30 Juni 2004, Indonesia semakin terinspirasi untuk terus mempromosikan open source. Association of Open Source in Indonesia (AOSI) yang di dalamnya memiliki beragam profesi anggota, seperti pengembang, pengguna, pelatih, peneliti, yang semuanya merupakan pendukung gerakan open source, bersama-sama dengan Menristek, Depkominfo, akan segera menggelar acara besar Global Conference on Open Source pada tanggal 26-27 Oktober 2009, yang bertempat di Hotel Shangri-La, Jakarta.

GCOS bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi internasional antara pemerintah, pebisnis, pelajar, komunitas dan lainnya, untuk memperkuat posisi open source, dan membuatnya menjadi lebih atraktif dan bermanfaat untuk masyarakat luas. Pada tanggal 11 September 2009, GCOS Committee mengadakan pertemuan di kantor Menristek, Jakarta, untuk membahas beberapa aspek acara GCOS, seperti konfirmasi pembicara, peserta, dan lain-lain. Hampir 100% pembicara Indonesia telah memberikan konfirmasi keikutsertaan mereka, di antaranya Dr. Zainal Hasibuan dari National ICT Board (DeTIKNas), Dr. Gatot HP dari SEAMOLEC, Dr. Onno W Purbo (aktivis TIK Nasional), dan dari beberapa institusi seperti Telkom, Depkominfo, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Kabupaten Jembara (Bali), BlankOn Linux, ITB, dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya pembicara lokal, pembicara tingkat internasional juga diagendakan datang. Diantaranya Todishiro YOSHIDA (NTT Japan), Dr. Clam Webb (Harvard University), Richard Randriatoamanana (CNRS France), Prof. A Min Tjoa (Vienna University of Technology), Prof. Rajanish Dass (Indian Institute of Management), dan lainnya, juga telah memberi konfirmasi kehadiran. Informasi lebih lanjut mengenai jadwal acara, pendaftaran peserta, serta informasi lainnya, dapat dilihat pada url http://www.gcos.info/.

Sumber :
Majalah InfoLinux 11/2009

No comments:

Post a Comment