Tuesday, October 29, 2013

Computer Code di BATAN

Sampai saat ini berdasarkan informasi dari Kepala Bidang sebelumnya, sudah ada 36 computer code yang diberikan oleh NEA Data Bank kepada BATAN. Namun sayangnya, hingga saat ini bentuk fisiknya tidak satupun yang ada di tangan. Ini sungguh aneh. Belum lagi computer code yang dibuat sendiri. Setidaknya ada 5 code per tahun. Namun produk lokal inipun tidak ada bukti fisiknya. Sungguh disayangkan. Ketika ada peneliti meminta bantuan penyediaan code MCNPX, saya jadi kelabakan sendiri. Yang saya lakukan adalah bertanya kepada para staf. Ternyata ada staf yang sempat meng-copy dari staf di PTRKN. Karena urusannya copy, maka legalitas dari code tersebut jadi meragunkan.


Saya mencoba untuk menghubungi pembuat code MCNPX, yaitu RSICC di Oak Ride National Laboratory. Setelah berkomunikasi beberapa kali, muncullah statement yang terkait dengan invoice sebesar US$ 800. Tidak mudah bagi saya menyediakan dana sebesar itu, sehingga akhirnya komunikasi dengan pihak RSICC saya pending. Saya butuh komitmen PPIN mengenai pendanaan yang berhubungan dengan pengadaan code. Mungkin dana tersebut bukanlah harga, tapi sekedar kompensasi biaya bagi para pengembangnya.

Hasil pengumpulan data seementara melalui milis batannews, saay dapat informasi sbb :
  1. Tegas Sutondo PTAPB : saat ini menggunakan MCNPX version 2.6.0 (ORNL/RSICC) dan SRAC VERSI 2002 (JAERI), meminta versi terbaru.
  2. Syahrir PTLR : saat ini menggunakan MONDIAL versi 2.0 dari JAERI. Meminta code WINMACCS dari NRC dan RASCAL 4.3 dari RSICC
  3. M. Imron PRSG : saat ini pakai Origen 2.0 dari RSICC. Jika ada yang ber-library data untuk reaktor mirip RSG-GAS, tentu akan sangat membantu kami. (Produk fisi Mo, JENDL dari JAERI, Origen versi Indonesia oleh Dhandang)
  4. Muhammad Subekti PTRKN : apa kita bisa jadi anggota NEA? Kami sdh banyak tools, tapi perlu akses data eksperimen untuk benchmarking dan validasi.
  5. Joko Susilo PTRKN : Saya masih menggunakan SRAC06. Selain itu, juga mempunyai ORIGEN dan SCALE.
  6. Putranto Ilham Yazid PTNBR : Mohon dapat diusahakan untuk memperoleh computer codes berikut: 1) MCNP 6.1 (LANL-RSICC), berupa paket: MCNP5, MCNPX dan MCNP6 + source codes; 2) NJOY 2012 atau NJOY 99 versi 396 + source code

No comments:

Post a Comment