Friday, July 19, 2013

Perkembangan Jabatan Fungsional Pranata Komputer di BATAN

Jabatan fungsional Pranata Komputer atau Prakom, pertama kali diperkenalkan di BATAN pada tahun 1990. Sejak 1 September 1990 hingga 1 April 2011 sudah ada 29 pegawai yang menjadi pejabat fungsional Prakom. Namun karena satu dan lain hal, saat ini (per 1 Juli 2013) tinggal 16 pegawai. Semua pegawai berada di unit kerja PPIN-BATAN. 13 pegawai yang tidak lagi di jafung Parkom dikarenakan tugas belajar (1 pegawai a.n. Arya), berhenti sementara (1 pegawai a.n. Roliana), ditugaskan di luar jabatan (2 orang a.n. Ketut dan Supria), dan pensiun/meninggal/APS sebanyak 9 orang.


Tidak seperti jafung Pustakawan, jafung Prakom hanya ada di unit PPIN. Ini mirip dengan jafung Perekayasa, yang hanya ada di PRPN. Pusatakawan ada di PPI, PTBIN, PATIR, PPGN, PTNBR, PTAPB, dan STTN. Sebaiknya memang demikian halnya. Sehingga pegawai di unit kerja lain,  mau masuk ke jafung Prakom. Gara-gara pegawai yang mau masuk Prakom harus pindah ke PPIN, akhirnya ybs pindah antar Instansi sekalian.

Dari 16 pegawai yang menduduki jafung Prakom, 2 di antaranya adalah Jafung Terampil, dan yang 14 adalah Jafung Ahli.Dari 14 Jafung Ahli, 1 orang Prakom Madya, 4 orang Prakom Muda dan 9 orang Prakom Pertama.

1 comment:

  1. untuk berhenti sementara atau ditugaskan di luar jabatan prosedurnya bagaimana pak?
    terima kasih kasih atas infonya

    ReplyDelete