Sunday, August 21, 2011

Tiny Core Linux Minimalis

TinyCore yang dipimpin pengembang Robert Singledecker telah mempublikasikan distribusi Linux Tiny Core versi 3.7 yang minimalis. Menurut situs proyek, tema versi terbaru adalah "Meningkatkan Integritas dan interoperabilitas".

Tiny Core Linux 3.7 berbasis Linux kernel 2.6.33.3 dan termasuk modul kernel baru untuk NTFS yang Memungkinkan akses baca dan tulis ke partisi NTFS. Rebuildfstab juga telah diperbaharui untukmendukung NTFS-3G. Perubahan lain termasuk ikon baru untuk Editor dan Run, versi 6.62 dari LibFreeType ront library, dan update ke Control Panel, AppsBrowser dan AppsAudit.

Di sini, diperkenalkan starter packs. Sebagai contoh, instalasi GUI program dan dukungan ekstensi yang diperlukan sekarang dikemas bersama dalam "install.gz" dengan semua peralatan yang biasanya diperlukan untuk konektivitas: sebuah tiny Wi-Fi manager (termasuk di dalam "network.gz").

Dibandingkan dengan versi sebelumnya, para pengembang sekarang telah menciptakan sebuah "multi-core" ISO image baru yang keduanya berisi Tiny Core & Micro Core installation, serta Network Tools Edition. ISO Multicore untuk versi 3.7 hanya berkapasitas 45.5 MB.

Sumber : Majalah InfoLINUX 07/2011

No comments:

Post a Comment