Sunday, August 21, 2011

Merayakan 20 Tahun Sistem Operasi Linux

Tahun ini merupakan tahun yang yang ke-20, Linux Foundation juga sangat berarti bagi Linux. Usia memberikan program Beasiswa LiLinux terhitung telah mencapai dua dekade (20 tahun). Sejarah Linux bermula dari seseorang bernama Linus Torvald. Pada musim semi tahun 1991 lalu, Linus secara resmi membuat sistem operasi yang dicipkannya menjadi open source. Saat itulah, Linus menjadikan sistem operasi Linux berlisensi GPL.

Semenjak itu, banyak sekali orang yang tertarik menggunakan Linux. Mereka membuat berbagai distro seperti mandriva serta ubuntu dan akhir-akhir ini Linux merambah dunia mobile dengan distro Maemo (Nokia), dan Android yang dikembangkan oleh Google. Sebagai bagian dari perayaan ulang tahun Linux yang ke 20, Linux Foundation juga memberikan program beasiswa Linux dengan tema Hari Pelajar "Learning Linux" yang akan mengambil bagian pada LinuxCon 2011 di tanggal 16 Agustus.

Program beasiswa tersebut akan memberikan 5 beasiswa kepada mahasiswa ilmu komputer dan pengembang Linux yang menunjukkan potensi luar biasa dalam membentuk masa depan Linux. Nilai yang akan diberikan pada masing-masing adalah sekitar US$1.000. Linux Foundation mengklaim bahwa kebutuhan skill pengembangan perangkat lunak berbasis Linux saat perekrutan tenaga IT sangat besar.

Tepatnya tanggal 17-19 Agustus 2011, acara LinuxCon diadakan di Hyatt Regency di Vancouver, Kanada. Acara ini akan diisi banyak pembicara seperti Direktur Eksekutif Linux Foundation, Jim Zemlin dengan judul "Imagine a World Without Linux" diikuti presentasi tentang "The Challenges of the Next 20 Years of Linux" oleh Jim Whitehurst, CEO Red Hat. Pada event ini, akan dilakukan juga pengumuman pemenang kontes video "We're Linux" untuk ketiga kalinya.

Jika Anda ingin melihat jadwal atau mengikuti acara LinuxCon 2011. Anda bisa membuka situs http://events.linuxfoundation.org.

Sumber : Majalah InfoLINUX 07/2011

No comments:

Post a Comment