Monday, June 01, 2009

Ubuntu 9.04

Setelah mengeluarkan enam versi alpha, satu versi Beta, dan sebuah release candidate, akhirnya pada 23 April 2009, tim Ubuntu merilis versi final dari Ubuntu 9.04 yang tersedia untuk di-download pada seluruh mirror Ubuntu di belahan dunia.

Ubuntu 9.04, yang memiliki nama kode Jaunty Jackalope, awal pengembangannya dimulai pada 8 September 2008 oleh Mark Shuttleworth. Ubuntu 9.04 juga menjadi rilis ke-10 dari sistem operasi Ubuntu, dan akan memiliki dukungan selama 18 bulan untuk server dan desktop.

Jane Silber, CEO Canonical, mengatakan kalau dengan setiap rilisnya, Ubuntu Desktop Edition memiliki satu langkah lebih maju untuk pengguna komputer. Dengan langsung menyertakan paket aplikasi perkantoran, mendukung Skype dan Adobe Flash, dan waktu booting yang lebih cepat, pihak Ubuntu yakin bahwa Ubuntu 9.04 Desktop Edition dapat membuat banyak orang tertarik, dan akan berpindah ke platform terbuka.

Untuk versi Server, Ubuntu Server Edition memiliki paket dovcot-postfix yang mempermudah dalam membuat e-mail server dengan dukungan SMTP, POP3, dan IMAP, dengan keamananTLS dan SASL. Untuk pengguna Ubuntu juga merilis Ubuntu Netbook Remix 9.04, yang secara resmi sudah menjadi sebuah bagian dari keluarga Ubuntu.

Sumber : InfoLinux 06/2009

No comments:

Post a Comment