Tuesday, June 02, 2009

Oracle Akuisisi Sun Microsystems US$ 7.4 Miliar

Setelah IBM menarik diri dari rencana membeli Sun Microsystems, pada 20 April 2009, Oracle sang pemimpin industri database server dengan jajaran produk software yang lengkap untuk kebutuhan enterprise seperti ERP, langsung mengambil keputusan membeli Sun Microsystems dengan harga US$ 9.5 Per saham yang secara total sebesar US$ 5.6 miliar (kurang lebih Rp 60 triliun) yang tidak mengikutsertakan utang, atau sekitar Rp 81 triliun untuk total pembelian, yang menjadikan Oracle menjadi pemain baru di industri hardware.

Pembelian Oracle atas Sun Microsystem tidaklah memunculkan banyak masalah Peraturan terkait dengan berbagai peraturan bisnis, karena Oracle bukanlah Pemain hardware, yang sangat berbeda dengan akibat yang terjadi apabila IBM yang membeli Sun Microsystems. Oracle sudah menjadi rekan bisnis Sun sejak lama, di mana banyak software Oracle juga dibangun menggunakan teknologi Java, serta banyak software Oracle terutama database Oracle terinstal di sistem operasi Solaris.

Larry Ellison, Pendiri dan Pemimpin eksekutif Oracle, mengatakan kalau akuisisi Sun Microsystems mentransformasi industri Teknologi Informasi, mengombinasikan software terbaik untuk enterprise dan sistem komputasi untuk mission-critical. Oracle akan menjadi perusahaan satu-satunya yang dapat membangun sistem terintegrasi dari aplikasi ke disk, di mana semua akan digabung dan bekerja bersama sehingga kustomer tidak perlu melakukan sendiri. Kustomer Oracle akan mendapat manfaat di mana biaya integrasi sistem akan turun sedangkan performa sistem, reliabilitas dan keamanan akan meningkat. Apabila Applet merupakan solusi yang terintegrasi untuk sisi konsumen, kombinasi Oracle dan Sun akan menjadikan "Apple" di sisi enterprise. Dengan sendirinya, Pembelian Sun oleh Oracle akan menambah saingan berat baru untuk IBM.

Sumber : InfoLinux 06/2009

1 comment: