Tuesday, June 02, 2009

SchoolTool 1.0

Sekolah-sekolah yang ada saat ini, masih memiliki sistem yang kurang memadai untuk menyimpan data yang dimilikinya. Hal ini dapat menyulitkan pengajar dalam mengolah data. Pada akhir semester, kemungkinan banyak pengajar yang mengalami kesulitan dalam pembuatan laporan nilai akhir pada muridnya dikarenakan data kurang tersusun rapih. Untunglah saat ini sudah terdapat aplikasi bernama SchoolTool.

Tim pengembang internasional SchoolTool, dan Shuttlewoth Foundation yang dideklarasikan oleh sponsor Ubuntu Mark Shuttleworth, memberikan informasi tentang dirilisnya SchoolTool versi 1.0 yang sudah siap digunakan. SchoolTool dikembangkan dengan Zope, sebuah software yang mengatur semua data murid, detail kontak orang tua murid, hingga menghasilkan laporan. SchoolTool berbasis web dan dapat digunakan sebagai tool manajemen terpusat untuk beberapa sekolah.

SchoolTool juga tersedia sebagai sebuah Launchpad PPA untuk Ubuntu Linux yang memiliki detail instruksi instalasi. Untuk mempermudah para Pengguna dalam menggunakan aplikasi ini, SchoolTool juga menyediakan SchoolTool Book yang berfungsi sebagai dokumentasi aplikasi dalam bentuk administrator handbook.

Sumber : InfoLinux 06/2009

No comments:

Post a Comment