Tuesday, June 02, 2009

Mandriva 2009.1

Setelah Canonical merilis versi terbaru dari distro mereka, pihak Mandriva juga tak mau kalah merilis versi terbaru distro mereka. Mandriva 2009.1 atau yang memiliki kode nama Spring, telah dirilis setelah mengalami dua kali rilis alpha dan satu beta, serta dua versi release candidate. Banyak fitur baru dan menarik yang sudah disertakan dalam rilis ini.

Pada pengumuman rilis resminya, tertulis kalau telah diluncurkan versi final dari Mandriva Linux 2009 Spring. Menurut catatan rilis tersebut, rilis ini merupakan versi distro Linux yang lebih cepat, lebih mudah, dan lebih aman. Mandriva Linux 2009 Spring juga tersedia dalam berbagai Pilihan desktop, seperti KDE, GNOME, atau LXDE, dan menyertakan dukungan ke lebih dari 70 bahasa.

Mandriva Spring juga menyertakan HDT (Hardware Detection Tool) yang dapat menyediakan informasi seputar hardware pengguna sebelum menginstalasi ke hard drive. Juga terdapat Draksnapshot, yang berfungsi sebagai system restore untuk Mandriva, dan Speedboot yang dapat mengurangi waktu booting seebsar 25%.

Mandriva 2009.1 Free dan One Edition, saat ini dapat di-download secara gratis dalam bentuk CD, DVD (i586 dan x86-64), atau Dual CD, dari url www.mandriva.com.

Sumber : InfoLinux 06/2009

No comments:

Post a Comment