Saturday, September 14, 2013

Pembatasan Akses Internet di Negara Lain

Ketika dines ke Tiongkok (China = CH1N4) beberapa waktu yang lalu, saya sempat mengalami putus hubungan dengan temen-temen di tanah air. Maksudnya hubungan melalui dunia maya. Hal ini terjadi karena akses ke Facebook tidak bisa, meskipun di Hong Kong sekalipun. Apalagi di kota Ghuang Zhou, Wuhan dan beberapa kota lain. Jika demikian halnya, maka bisa saya simpulkan bahwa memang akses ke FB tidak diijinkan. Selian akses ke FB tidak diijinkan, akses ke blogspot.com juga tidak ditolak. Padahal banyak sekali catatan harian saya yang saya letakkan di blog. Jika tahu sedari awal, mungkin saya akan men-downloadnya terlebih dahulu, khususnya catatan terkait informasi perjalanan.

Situs yang tidak bisa diakses :
  1. Facebook
  2. Blogspot
  3. Flickr
  4. Youtube
Namun demikian, akses ke webmail dan website kantor masih dapat dilakukan sehingga masih dapat memantau beberapa aktifitas kantor secara remote, meskipun sebenernya ingin putus hubungan dengan kantor untuk sementara waktu. Agar fokus di tujuan dinas.

Kalau dicari informasi mengenai cara mengatasi pembatasan akses Internet tersebut, maka jawabannya adalah menggunakan VPN. Namun untuk menggunakan VPN, harus instalasi software VPN terlebih dahulu. Sayangnya download software VPN juga tidak diijinkan. Sebaiknya software VPN di-download dan diinstalasi di tanah air sesaat sebelum berangkat. 

No comments:

Post a Comment