Thursday, August 18, 2011

Wikitext Parser Sweble

Sebuah langkah maju yang berpotensi besar bagi pengembangan Wikipedia telah dibuat. Sebuah teks parser, yang disebut Sweble, telah diumumkan dan dapat memecahkan masalah yang berjalan lama dari komunitas Wikipedia.

Dalam sebuah posting blog, Profesor Dirk Riehle, mempekerjakan mahasiswa PhD bernama Hannes Dohrn tahun 2009 untuk membuat Sweble. Ia menjelaskan wikitext, bahasa markup yang digunakan untuk membuat konten dalam Wikipedia dan situs Wikimedia lain, telah memiliki masalah utama yang buruk untuk didefinisikan. Wikitext tidak memiliki tata bahasa resmi dan penetapan aturan pengolahan atau output. Hal ini juga menyebabkan keraguan jangka panjang tentang kemampuan mengedit Wikipedia.

Sweble memecahkan masalah ini dengan menjadi penganalisis analisis lengkap Wikitext. Ia mampu memahami tabel dan template dan dengan informasi yang dapat di-generate ke abstract syntax trees dan document object models (DOM), tool lain yang selanjutnya memanipulasi.

Kinerja Sweble saat ini memang lebih lambat dari kode PHP tetapi ini mampu menjadi dasar pengembangan masa depan Wikitext.

Sumber : InfoLINUX 06/2011

No comments:

Post a Comment