Thursday, August 18, 2011

OpenGamma, Software Analisis Finansia: Kini Open Source

0penGamma. sebuah perusahaan software yang berbasis di UK (Inggris) ini telah mengembangkan platform untuk melakukan analisis financial yang memungkinkan perusahaan jasa financial dapat mengkombinasikan data manajemen mereka dan melakukan kalkulasi dan analisis dengan single framework.

Platform yang masih dalam pengembangan, kini telah rilis sebagai preview open source, menggunakan dual lisensi dengan lisensi Apache 2.0 dan lisensi komersial. Preview baru di rilis dalam versi "beta-quality" sebagaimana yang telah dilakukan testing dan proses QA oleh OpenGamma. Rilis terbaru versi 0.7.0, mencakup data management layer, live data subsystem, calculation engine, analytics library, time series management system, dan juga library client yang dibentuk melalui Java dan C#. Hal ini bertujuan mempermudah aplikasi tersebut dan men-support secara "ad-hoc, near-real-time-streaming, batch/overnight dan scenario/stress-test analytic calculations".

Untuk saat ini, belum tersedia prebuilt data adapter untuk melakukan ekstraksi data dari somber seperti Bloomberg ataupun Thomson-Reuters. Walaupun demikian, OpenGamma juga sudah memiliki adapter untuk ini.

OpenGamma didirikan pada tahun 2009 dengan dana sebesar US$ 8,15 juta dari Accel Partners dan juga FirstMark Capital untuk membiayai pengembangannya. Saat ini, 70% dari pekerjanya bekerja di bagian research and development secara intens untuk membangun front-office and risk analytics systems untuk beberapa penyedia jasa financial. Dengan demikian, untuk mempercepat pertumbuhan software ini, perusahaan ini akhirnya merilis platform mereka sebagai open source yang merupakan salah satu strategi untuk mengembangkan dan mengadopsi teknologi. Tertarik? Buka situs www.opengamma.com.

Sumber : InfoLINUX 06/2011

No comments:

Post a Comment