Sunday, June 05, 2011

Rusia Akan Beralih ke Linux di Tahun 2011

Perdana Menteri Rusia, Vladimir Putin, telah menandatangani permintaan pemerintah Rusia untuk melakukan transisi anggaran badan eksekutif federal dan badan-badan federal lainnya untuk beralih ke perangkat lunak bebas pada periode tahun 2011-2015. Menurut dokumentasi yang ditandatangani pada 17 Desember 2010, pemerintah Rusia harus menggantikan seluruh perangkat lunak proprietary ke perangkat lunak bebas, seperti GNU/Linux.

CNews, salah satu website Rusia menjelaskan kalau Vladimir Putin telah menandatangani sebuah rencana untuk transisi dari struktur kekuasaan dan anggaran badan federal ke penggunaan perangkat lunak bebas. Berdasarkan dokumen tersebut, pengenalan Linux di pemerintah harus dimulai pada triwulan II tahun 2012. IIya Massuh, Deputi Menteri Komunikasi, mengatakan kepada CNews kalau dokumen yang telah ditandatangani oleh Vladimir Putin memberi pernyataan kelengkapan perubahan dari pemerintah federal dan pegawai negeri untuk beralih ke perangkat lunak bersifat bebas. Dokumen ini berjumlah 17 halaman, dan dapat di-download pada url http://filearchive.cnews.ru/doc/2010/06/17/2299p.doc.

Dengan tanggal yang sama di bawah rencana, akan dikembangkannya sejumlah perubahan petunjuk untuk mencatat aktiva tidak berwujud. Item ini akan memecahkan masalah lama akuntansi sebagai perangkat lunak proprietary atau perangkat lunak bebas dengan tidak ada nilai intrinsik. Persetujuan dari paket perangkat lunak bebas di lokasi percontohan akan dimulai pada triwulan II tahun 2012 di lembaga pemerintah dan fiskal, dan harus selesai pada triwulan III tahun 2014. Salah satu poin menarik dari rencana ini adalah referensi ke repositori nasional yang harus diciptakan pada triwulan II tahun 2012.

Sumber : Majalah InfoLINUX 02/2011

No comments:

Post a Comment