Sunday, June 05, 2011

Mendengarkan Radio Online

Mau denger stasiun radion online atau radio streaming, buka aja laman http://www.shoutcast.com/, atau kalo mau stasiun yang di Indonesia, masukkan kata Indonesia di kolom pencarian. Ato langsung ke laman http://www.shoutcast.com/Internet-Radio/indonesia. Dari laman ini Anda bisa lihat nama stasiunnya, genre-nya, jumlah pendengarnya dan juga bitrate dan tipe coding-nya.

Rajawali Radio yang pake bitrate 48 kbps dan coding AAC+ akan menyita bandwitdh sekitar 6 kB/s. Tapi kadang-kadang di panel bandwidth lebih dari 6 kB/s, hal ini karena client sedang melakukan buffering.

Misal Radio Tembi Rumah Budaya Indonesia menggunakan bitrate 64 kbps, maka kira-kira downstreamnya membutuhkan 64 kbps atau 8 kB/s.

I love this Mplus Streaming Radio Jakarta.
Lihat Free Shoutcast di Listen2MyRadio.

Salah satu Netbook saya masih menggunakan Fedora 11. Salah satu cara untuk mendengarkan radio dari ww.shoutcast.com adalah menggunakan VLC Player. Karena secara default player ini tidak ada di Fedora 11, saya harus install dulu.
# yum install vlc

Hasilnya adalah VLC media player 1.0.5 Goldeneye yang sudah ada di menu Applications -> Sound & Video. Untuk mendengarkan radio dari ShoutCast coba buka setidaknya 2 window, yaitu web browser (Firefox) dan VLC media player ini.

Pada Firefox, buka halaman www.shoutcast.com lalu pada kolom pencarian isikan "jakarta". Coba cari stasiun Mplus Streaming Radio Jakarta. Klik kanan lalu pilih Copy Link Location.

Pada VLC pilih menu Media -> Open Location from clipboard. Pada kolom "Please enter the URL or path to the media you want to play" seharusnya sudah terisi hasil salinan alamat radio dari Firefox tadi. Jika tidak, cobalah klik kanan lalu Paste. Jangan lupa klik OK.

Selamat mendengarkan.

No comments:

Post a Comment