Sunday, June 05, 2011

KNOPPIX 6.4.3

KNOPPIX, distro yang kali pertama memperkenalkan teknologi LiveCD, telah mengumumkan rilis terbaru dari distro-nya, yakni KNOPPIX 6.4.3. Versi terbaru KNOPPIX ini telah menyertakan dukungan untuk driver open source nouveau untuk video card NVIDIA.

Distro KNOPPIX 6.4.3 dibuat berbasiskan versi update dari Debian Lenny, "Testing", dan "Unstable", dan menyertakan kernel Linux 2.6.36.1, X.Org 7.5 untuk dapat mendukung beragam perangkat keras terkini.

Sejumlah perubahan lain yang dimasukkan dalam versi terbaru ini diantaranya, disertakannya modul paket driver nouveau untuk video card NVIDIA, akselerasi grafis melalui Kernel Mode Settings (KMS), LibreOffice untuk menggantikan paket OpenOffice.org, dan Process Control Group untuk shell terminal.

Meski telah menggunakan driver nouveau yang digunakan sebagai default driver, para pengguna juga dapat menggunakan driver nv yang lebih andal, dengan cara mulai mengetikkan opsi: "knoppix nomodeset xmodule=nv" pada bagian boot option. Pengguna yang ingin merasakan KNOPPIX 6.4.3 dalam ekstra DVD InfoLINUX edisi ini.

Sumber : Majalah InfoLINUX 02/2011

No comments:

Post a Comment