Monday, April 12, 2010

TigerVNC di Fedora 11

VNC (Virtual Network Computing) juga bisa dijalankan di Linux Fedora 11. Untuk kali ini baru bisa sebagai viewer terhadap server Windows. Kalau Linux ke Linux, remote terminal sudah cukup. Untuk instalasi nya :
# yum install tigervnc

Kebetulan VNC yang digunakan adalah Tiger VNC Viewer for X version 1.0.0 - built Oct 26 2009 11:12:04. VNC Viewer ini mengadopsi dari RealVNC dan TightVNC yang biasa digunakan di Windows. Ukuran TigerVNC Viewer ini hanya 286 kB. Nama paketnya adalah tigervnc-1.0.0-2.fc11.i586.rpm.

Jika instalasi berhasil maka akan ada menu baru di kelompok Internet dengan nama "TigerVNC Viewer". Setelah di klik, akan muncul jendela kecil untuk mengisi alamat VNC Server yang akan dituju. Bisa juga dengan memasukkan IP Address. Yang pasti mesin yang dituju sudah diinstal VNC Server. Jika pemasukan alamat mesin sudah benar dan tombol OK sudah di klik, akantampil jendela baru untuk mengisikan password dari VNC Server.

Perhatikan ukuran resolusi layar antara server dan viewer-nya. Setidaknya sama ukurannya, jangan sampai viwer lebih kecil dari server. Ini agar tampilan di viewer maksimal.

No comments:

Post a Comment