Thursday, July 02, 2009

Solusi Penyimpanan Online Ubuntu

Canonical baru saja merilis sebuah layanan baru berbasis cloud computing untuk semua pengguna yang bernama Ubuntu One. Layanan Ubuntu One sudah tersedia mulai 12 Mei 2009, dimana untuk dapat menggunakan layanan Beta ini para pengguna harus mendapatkan undangan terlebih dahulu. Saat ini, terdapat dua pilihan layanan Ubuntu One yang dapat dipilih, yakni free account dengan kuota penyimpanan 2 GB, atau membayar US$10/per bulan untuk satu account dengan kuota penyimpanan 10 GB.

Untuk fitur yang dimiliki, Ubuntu One memiliki integrasi yang baik dengan desktop-nya dan sinkronisasi yang baik antara beberapa komputer, serta dilengkapi dengan manajemen berbasis web yang nyaman. Berbeda dengan Dropbox yang sudah dapat melakukan sinkronisasi dengan baik dengan berbagai platform sistem operasi, saat ini Ubuntu One hanya tersedia dengan baik di Ubuntu 9.04. Sebagai solusinya, para pengguna Ubuntu One dapat berkolaborasi mengirimkan fiIe dari manajemen web yang telah tersedia.

Meski menghadapi persaingan yang ketat dengan Dropbox, namun Ubuntu One tetap merupakan ide yang cemerlang. Untuk kategori free account, kedua layanan ini memiliki kesamaan jumlah kapasitas yang diberikan (sama-sama 2 GB). Hanya saja Anda akan memperoleh kapasitas lima kali lebih banyak di Dropbox jika menggunakan account berbayar US$10/per-bulan dibandingkan menggunakan Ubuntu One (Dropbox 50 GB, Ubuntu One 10 GB). Meski demikian, Ubuntu One merupakan layanan yang sangat menarik untuk dinanti perkembangannya.

Sumber : InfoLinux 07/2009

No comments:

Post a Comment