Thursday, July 02, 2009

Kerja Sama Ubuntu Selama Computex 2009

Computex 2009, merupakan ajang pameran komputer terbesar kedua di dunia. Dimulai sejak 2 Juni 2009, yang merupakan tanggal pembukaan acara Computex Taipe 2009, Canonical telah membuat beberapa pengumuman yang menggembirakan seputar distro Ubuntu di acara ini.

Yang pertama, Canonical telah mengumumkan rilis salah satu project baru yang bernama Ubuntu Moblin Remix. Proyek ini dibuat berbasiskan Moblin v2, untuk platform berbasiskan Intel Atom. Pada website Canonical, telah tersedia tampilan Ubuntu Moblin Remix yang terlihat sangat profesional dan memilki layout yang sangat baik untuk netbook dengan layar yang kecil.

Yang kedua, Canonical telah mencapai kesepakatan dengan Intel Corp. untuk menggunakan Ubuntu sebagai sistem operasi di Intel classmate PC. Intel classmate PC terbaru ini memiliki tampilan layar yang lebih besar, serta kapasitas memory dan SSD/HDD yang lebih besar dari pada Intel classmate PC versi aslinya. Produk ini juga telah dilengkapi dengan layar sentuh, sehingga pengguna dapat langsung menggambar atau menulis di layar, mengubah dari clamshell ke tablet PC, dan pengaturan desktop Ubuntu Netbook Remix secara otomatis, baik landscape maupun portrait yang mengikuti arah pergerakan penggunaan netbook.

Berita lainnya, SanDisk juga telah bekerja sama secara tertutup dengan Canonical dalam meningkatkan performa Ubuntu di netbook atau laptop yangmenggunakan SSD. Hasil kerja sama ini diharapkan dapat membuat penggunaan baterai yang lebih lama, tingkat panas yang lebih rendah, serta sistem yang lebih responsif.

Terakhir, Canonical juga telah mencapai kesepakatan dengan ReaI Networks, dimana tim Real Network akan mengembangkan Real Player untuk Ubuntu di perangkat mobiIe. Real Player ini akan menyertakan sejumlah codec, dan hanya tersedia untuk OEM yang menyertakan produk mereka dengan OS Ubuntu.

Sumber : InfoLinux 07/2009

No comments:

Post a Comment