Saturday, August 22, 2009

Konfigurasi Repository distro IGOS Nusantara 3

Distro IGOS Nusantara 3 adalah distro generasi ke 4 dari seri distro IGOS. Sebelumnya sudah dikenal distro IGOS Sistem Desktop Nasional (IGOS SDN), distro IGOS Nusantara (IGN) dan IGOS DwiWarna (IDW). Agar proses instalasi dan update paket menjadi lebih mudah, sebaiknya konfigurasi Repository diarahkan ke server Fedora beserta server-server mirror-nya. Jika pada salah satu mirror terjadi kegagalan, maka akan otomatis diarahkan ke server mirror lainnya.


Dari pada meng-edit ulang file-file konfigurasi repository, sebaiknya salin dan tiban file konfigurasi repisitory anda. Namun ada baiknya file-file konfigurasi lama simpan dulu saja. Contoh file-file konfigurasi reppsitory bisa di-download dari : ftp://dl1.batan.go.id/array1/VOL1/igos_nusantara_3/sample_script_repo_nusantara3. Dalam folder ini ada file-file :

  1. fedora-rawhide.repo
  2. fedora-updates-newkey.repo
  3. fedora-updates-testing-newkey.repo
  4. fedora-updates-testing.repo
  5. fedora-updates.repo
  6. fedora.repo
  7. rpmfusion-free-rawhide.repo
  8. rpmfusion-free-updates-testing.repo
  9. rpmfusion-free-updates.repo
  10. rpmfusion-free.repo
Atau cukup download file ini, lalu unzip. File ini sudah berisi ke-10 file di atas. Jangan lupa letakkan di folder /etc/yum.repos.d/.

Dengan konfigurasi ini, maka proses instalasi dan update paket program akan lebih mudah dan tidak dipusingkan dengan masalah dependency atau ketergantungan terhadap paket program lain. Untuk instalasi suatu paket, anda tinggal menjalankan perintah baris seperti di bawah ini:

# yum install nama_paket

atau jika ingin melakukan update suatu paket :

# yum update nama_paket

atau akan menghapus suatu paket yang tidak diinginkan :

# yum erase nama_paket

Namun, jika suatu saat ada masalah dengan "Public Key xxx not installed" saat instalasi menggunakan YUM, silahkan diubah script dalam setiap file konfigurasi repository tersebut dari "gpgcheck=1" menjadi "gpgcheck=0". Artinya, public key tidak perlu dicek lagi, karena sudah dianggap valid.

No comments:

Post a Comment