Monday, August 17, 2009

IGOS : Thinking outside the box

Saya mau sedikit ber hipotesa. Jika seandainya PNS pengadaan tahun 2006, 2007 dan 2008 langsung dibekali sebuah PC atau Laptop yang memadai dan diharuskan menggunakan IGOS sebagai sistem operasi tunggalnya (bukan dual boot lho), Insya Allah efek domino-nya akan sangat terasa, sangat terasa sekali.

Kenapa saya menyebut laptop, ini karena berbagai pertimbangan :
  1. Laptop sudah semurah PC atau Desktop atau komputer (istilah kita-kita)
  2. Laptop pasti irit listriknya. Bandingkan 400 Watt untuk sebuah Desktop dan 100 Watt untuk sebuah Laptop.
  3. Era sekarang kan eranya mobile, dan biarkan para kawula muda menikmati era mobile tersebut. Apalagi kalau ditambah modem HSPDA. Wah trendi banget PNS BATAN.
Oh ya, meskipun kita kerja di BATAN gak perlu berkecil hati untuk urusan dunia IT. Simak saja sejarah. Web pertama kali diusulkan oleh Tim Bernes Lee tahun 1990 yang kerja di CERN. Semacam badan tenaga nuklir-nya Eropa. Sekarang ini web sudah berkembang kemana tau (kate orang Jakarte).

Jadi gak ada salahnya kalau BATAN bisa menjadi leading edge di IGOS pada khususnya dan IT pada umumnya. Masak harus terus jadi trend follower terus. Cape deh...

"He who cannot change the very fabric of his though will never be able to change reality, and will never, therefore, make any progress" Anwar el-Sadat.

No comments:

Post a Comment