Sunday, July 21, 2013

Panduan Penilaian Jabatan Fungsional Pranata Komputer

Dari beberapa kegiatan yang diajukan untuk penilaian, setelah diperiksa tampaknya terjadi pergesera. Awalnya diajukan dengan asumsi kegiatannya termasuk "Program paket teknologi internet advanced". Setelah diperiksa, tampaknya kegiatan tersebut termasuk "Program paket teknologi internet sederhana". Hal ini dapat dilihat dari jumlah file PHP yang digunakan dan jumlah baris setiap file PHP tersebut. Rata-rata untuk sebuah paket program terdiri dari 3 file PHP. Misal untuk paket "tahap", membutuhkan file tahap_list.php, tahap_edit.php dan tahap_del.php. Udah gitu, yang disebut paket disini tidak lain dan tidak bukan adalah menu dari suatu program besar. Jika program besar tersebut memiliki 7 menu, maka nilai kreditnya menjadi 7 x 0,290 = 2.03. Ini nilai yang didapatkan dari butir kegiatan "membuat program paket", belum lagi dari butir "melakukan uji coba program paket".

Secara keseluruhan, ada banyak kegiatan yang terpaksa diturunkan nilainya karena volume yang dikerjakan lebih pas dengan butir kegiatan di bawahnya. Adapun butir-butir kegiatan yang mengalami penyesuaian adalah :
  1. 42 butir kegiatan pada II.A.4, lebih pas jika disebut "Membuat program paket teknologi internet sederhana", karena hanya terdiri dari 1 s/d 3 buah file PHP saja.
  2. 14 butir kegiatan pada II.A.6, lebih pas jika disebut "Melakukan uji coba program paket teknologi internet sederhana"
  3. 18 butir kegiatan pada III.B.11, lebih pas jika disebut "Mengembangkan dan atau meremajakan program paket teknologi internet sederhana"
Untuk sebuah kegiatan peremajaan program (III.B.11), sebaiknya laporan atau dokumentasinya terdiri dari :
  1. Struktur DB yang diremajakan
  2. Struktur Menu yang diremajakan
  3. Disain interface
  4. Source code
  5. Spek (misal, memberi keterangan setiap field)
  6. Jelaskan perbedaan dengan yang lama (kan namanya juga peremajaan)

Tulisan ini semata-mata hanyalah untuk keperluan saya pribadi sebagai standar penilaian di kemudian hari jika masih dipercaya untuk menilai usulan angka predit pejabat fungsional pranata komputer. 


No comments:

Post a Comment