Sunday, June 23, 2013

Kebutuhan Pelatihan 2014

Beberapa waktu yang lalu, 17 Juni 2013, Pusdiklat menawarkan kesempatan agar satker mengusulkan pelatihan untuk tahun 2014. Sebenarnya informasi ini mengulangi tawaran yang sama tertanggal 12 April 2013. Tawaran ini akan ditutup pada 30 Juni 2013. Saya mencoba menawarkan kepada staf Bidang Komputasi, jawabannya tidak mau repot. Padahal tidak mungkin saya yang mengajukan, saya bener-bener masih blank dunia komputasi. Repot juga kalau staf sudah tidak mau dan peduli. Padahal jelas-jelas kontribusi Bidang Komputasi di BATAN masih terbatas sekali dan masih cenderung memuaskan diri sendiri untuk menghasilkan makalah. Tidak ada layanan yang bersifat kontinu, day by day. Sementara mereka sebenarnya butuh lahan subur untuk menuai point. Bukan saya yang butuh jabatan.

Menurut pemikiran saya, perlu ada beberapa pelatihan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan staf sendiri dan meningkatkan pemahaman publik arti pentingnya komputasi bagi pekerjaan mereka. Misal :

  1. Cluster Computing, instalasi dan perawatan (untuk administrator, staf Bidang Komputasi)
  2. Penggunaan Cluster Computing (untuk user) : MCNP, dll computer code dari NEA Databank
  3. Teknik Pemrograman (Coding) di Cluster Computing
  4. Penggunaan aplikasi (code) Computational nano-Material Disain (CMD) untuk Material Maju (untuk para peneliti ilmu bahan di PTBIN, PTBN, PTAPB, PTNBR, PPGN).
  5. Penggunaan Molecule Dynamic (MD) untuk peneliti di dunia kesehatan seperti di PRR, PTKMR, PATIR, PTNBR, PRPN
  6. Penggunaan VSOP (ternyata coaching VSOP tahun 2013 ini tidak mantab)

No comments:

Post a Comment