Saturday, June 22, 2013

Mengelola Catatan di Ponsel Android

Setelah ponsel Nexian NX-G857 tidak bisa digunakan lagi, mau tidak mau, harus ganti ponsel. Tombol sentuhnya sudah tidak akurat, kadang salah pencet. Yang tersedia di rumah adalah ponsel Cross A25 berbasis Android 2.3.6. Akhirnya coba-coba eksplore nih ponsel. Problem pertama adalah memindahkan phone book, kemudian memindahkan catatan. Karena beda sistem operasi, akhirnya phone book dipindahkan secara manual saja. Memindahkan melalui SIM Card hanyalah teori belaka. Prakteknya sulit dilakukan, wasting time untuk mempelajarinya. Hampir semingguan, proses pemindahan seluruh phone book dapat diselesaikan, tentunya tidak full time. Jika ada waktu luang, baru dipindahkan.

Yang rada bingung adalah memindahkan catatan. Sebelum menggunakan Nexian NX-G857, ponsel yang digunakan adalah SonyEricsson, lupa tipenya. Di SonyEricsson, ada menu atau fitur catatan. Ketika pindah ke Nexian, menu itu tidak ada. Mengakalinya adalah dengan memanfaatkan SMS, khususnya Draft. Nah sekarang, ketika pindah lagi ke Android, Draft tidak ada, catatan seperti yang ada di SonyEricsson juga tidak ada.

Setelah coba Googling dan kemudian download via Play Store, saya akhirnya punya aplikasi ColorNote di ponsel. Semua catatan pada ponsel Nexian NX-G857, dikirim via SMS ke ponsel Cross A25. Namun timbul lagi kesulitan, bagaimana cara meng-copy and paste dari SMS ke ColorNote?

Mengakalinya adalah, klik yang lama SMS yang mau di-copy, sampai tampil menu "Pilihan Pesan", pilihlah "Teruskan". Lalu klik ganda SMS yang sudah dalam modus edit tersebut hingga tampil menu "Pilih teks | Pilih semua | Motode input", coba pilih menu "Pilih semua". Saat tampil menu "Potong | Salin, pilihlah "Salin". Lalu Exit. Saat exit ada menu "Buang", jawab OK.

Masuk ke aplikasi ColorNote, klik +,  pilih Text, klik yang lama dilayar sehingga tampil menu "Tempel | Metode input", saya pilih "Tempel". Untuk Save, klik Exit dua kali. Selesai sudah.


SPESIFIKASI CROSS A25
Rilis  : April 2013
Jaringan : GSM 850/900/1800/1900 | HSDPA 900/2100 | Dual SIM
Layar  : LCD Capacitive touchscreen | 3.5 inci
OS  : Android 2.3.5 Gingerbread
CPU  : 1 GHz
GPU  : -
RAM  : 256/512 MB
Memori   : 2/4 GB (internal) | microSD 32 GB (Eksternal)
Kamera  : 2 MP
Konekti  : Bluetooth, Wi-Fi
Media  : MP3/MP4 Player, FM Radio
Browser  : -
Baterai  : Li-Ion
Warna  : Hitam
Harga  : 580.000

See more at: http://www.tipehandphone.com/2013/05/cross-a25-ponsel-android-murah.html

No comments:

Post a Comment