Saturday, June 22, 2013

Resize Foto di MacBook

Foto yang diambil dengan DSLR biasanya berukuran 4 MB atau lebih. Foto dengan ukuran sebesar ini akan berat jika dipindahkan ke smart phone atau di-upload ke Facebook. Kalau di-upload ke Facebook, sistem di Facebook sudah bisa otomatis mengecilkan ukuran (resize) hingga berukuran ratusan KB. Kalau mau di-upload ke Flickr, tidak perlu di-resize juga. Flickr sudah punya mekanisme yang memungkinkan pengguna akan mengunduh atau mendownload berbagai ukuran foto atau image. Setelah sekian lama menggunakan MacBook, akhirnya ketemu cara termudah untuk melakukan resize. Baisanya pake ColorSync Utility atau GIMP. Ternyata dengan Preview juga bisa. Sebenarnya sih pengennnya ada tool yang bisa me-resize satu folder sekaligus. Kalau di LINUX, biasanya pakai perintah baris "mogrify". Entah apa padanannya di MacOS.

Setalah membuka file image dengan Preview, dengan cara men-double click, karena default, pilihlah menu "Tools" lalu pilih sub menu "Adjust Size..." (lihat gambar di atas). Lalu ubah pilihan ukuran dalam percent saja. Ubah nilai 100% untuk Width dan Height menjadi 25%. Artinya, Anda akan mengubah image menjadi 25 persen saja. Ini akan membuat file ukuran 3,5 MB menjadi 195 kB. Nilai ukuran file ini bisa langsung terlihat koq. Klik "OK". Untuk menyimpannya, Anda bisa memilih "Save" atau "Save As...". Dengan menu "Save", berarti akan menimpa file aslinya (jangan lupa buat duplikasinya dulu). Jika memilih menu "Save As...", bisa disimpan dengan nama lain, misal tadinya IMG_1455.JPG menjadi IMG_1455_25pct.JPG.

Kalau mau resize banyak file sekaligus, coba blok semua file tersebut Finder lalu double click. Lalu buka menu "Tools" untuk setiap file. Cukup masukkan nilai 25 lalu OK. Ulangi 3 langkah terakhir ini untuk semua file hingga selesai. Untuk menyimpan hasil perubahan secara serempak, pilihlah menu "Save All", bukan "Save" atau "Save As...". Lumayan dibanding pakai ColorSync Utility atau GIMP.

Resize Foto dengan Perintah Baris

Setelah mencari sekian lama, akhirnya ketemu juga cara melakukan resize menggunakan perintah baris. Enaknya perintah baris, bisa melakukan resize secara serempak atau sekaligus. Perintah barisnya adalah "sips". Misal untuk mengubah foto dengan nama IMG_5969.JPG dari ukuran 3456x2304 (3,3 MB) ke 1024x682 (176 kB), maka perintah barisnya adalah

$ sips -Z 1024 IMG_5969.JPG

Silahkan dicek, apakah file sudah berubah ukurannya.

Perintah baris ini juga dapat digunakan untuk melakukan resize beberapa file sekaligus. Perintah barisnya menjadi :

$ sips -Z 1024 IMG_*.JPG

Silahkan perhatikan hasilnya.

No comments:

Post a Comment