Monday, December 31, 2012

Lindungi data pribadi Anda dari penyalahgunaan melalui e-mail


Apakah Phishing e-mail itu?
"Phishing" berasal dari kata "fishing" yang berarti memancing. Para pelaku (phishers) berusaha memancing untuk memperoleh (mencuri) data-data pribadi orang lain (sebagai korbannya) melalui media e-mail dan situs-situs internet tertentu sebagai umpannya. Data-data pribadi ini selanjutnya akan disalahgunakan oleh para pelaku tanpa Anda sadari.

Data-data pribadi Anda yang biasanya berusaha untuk dicuri adalah data rekening bank, kartu kredit, ataupun kartu debit Anda.

Kenalilah Phishing e-mail
  1. Dikirim ke banyak orang sekaligus, dimana nama Anda tidak akan tercantum secara spesifik.
  2. Biasanya, e-mail tersebut akan meminta Anda untuk memperbaharui informasi pribadi Anda atau memberikan peringatan kepad Anda seperti: Rekening Anda akan ditutup karena alasan tertentu.

Hindari Phishing e-mail
  1. Waspadalah jika menerima e-mail yang meminta informasi pribadi Anda seperti nomor rekening/nomor kartu kredit/nomor kartu debit/PIN/password dan sebagainya.
  2. Sebaiknya tidak melakukan transaksi online perbankan di tempat yang menyediakan layanan internet untuk publik (seperti warnet, wi-fi gratis atau PC kantor yang dipakai bersama-sama).
  3. Jika menerima e-mail untuk mengunjungi suatu situs internet "bank tertentu" dan meminta Anda untuk memasukkan informasi pribadi Anda seperti nomor rekening/nomor kartu kredit/nomor kartu debit/PIN/password pada situs tersebut, pastikan bahwa situs tersebut adalah resmi dan aman.
  4. Jangan meng-click images atau URL link yang terdapat dalam suatu e-mail yang mencurigakan karena dengan meng-click image atau URL tersebut kemungkinan Anda akan masuk jebakan para pelaku phishing.
Sumber : Citibank

No comments:

Post a Comment