Friday, June 25, 2010

Jalur Kereta Api yang perlu dicoba, kapan ya?

KRD Lintas Bogor - Sukabumi. Frekuensi 1 kali sehari. Dari Bogor berangkat jam 17.00 dan sampai Sukabumi jam 19.08. Atau berangkat dari Sukabumi jam 05.00 dan sampai Bogor jam 07.08. Stasiun yang dilewati adalah Bogor, Tanjakan Empang, Batutulis, Ciomas, Maseng, Cigombong, Cicurug, Parakankuda, Cibadak, Karangtengah, Pondokleungsir, Cisaat dan Sukabumi. KA menggunakan KRD Bumi Geulis No. KA 772. Tampaknya perlu 2 hari untuk merasakan jalur KA ini.

KA Lintas Ciroyom - Cianjur/Lampengan. Jalur ini dilayani oleh 4 rangkaian yaitu KA 938, KA 939, KA 940, dan KA 941. Rute pertama, berangkat dari Ciroyom jam 08.10 dan sampai Lampengan jam 10.38. Kemudian dari Lampengan berangkat jam 15.15 dan sampai Ciroyom kembali jam 14.45. (mungkin jadwal salah cetak). Rute kedua, berangkat dari Ciroyom jam 16.45 dan sampai di Cianjur jam 18.28. Kembali dari Cianjur menggunakan KA jam 05.00 dan sampai Ciroyom kembali jam 06.31. Tampaknya perlu 2 hari untuk melintasi jalur KA ini. Kalau salah jadwal, dalam sehari bisa menjalani jalur Ciroyom - Lampengan - Cianjur.

Jalur KA di bawah Daop II Bandung yang perlu dicoba adalah lintas Bandung - Rancaekek (KA Patas Bandung Raya), Bandung - Cicalengka(KA Patas Bandung Raya dan KA Baraya Geulis), Bandung - Padalarang (KA Patas Bandung Raya dan KA Baraya Geulis), Padalarang - Cicalengka (KA Patas Bandung Raya dan KA Ekonomi Bandung Raya), dan Kiaracondong - Cicalengka (KA Ekonomi Bandung Raya).

Lintas Semarang Poncol - Solo Balapan - Yogyakarta. Jalur KA ini berada di bawah Daop IV Semarang. KA Joglo Semar berangkat dari Yogyakarta jam 08.50 dan sampai di Semarang Poncol jam 12.10. Kemudian ikut KA balik dari Semarang Poncol jam 13.00 dan sampai kembali di Yogyakarta jam 16.10. Butuh 1 hari untuk melintasi jalur ini di siang hari, agar foto lebih bagus.

Lintas Banyuwangi/Kali Baru - Probolinggo. Jalur KA ini berada di bawah Daop IX Jember. KA Probowangi berangkat dari Probolinggo jam 05.00, sampai di Banyuwangi jam 11.49. Lalu ikut KA balik yang berangkat dari Banyuwangi jam 12.30 dan sampai kembali di Probolinggo jam 18.47.

Lintas Kertapati - Tanjung Karang. Jalur KA di bawah Divre III Sumatera Selatan ini dilayani dengan KA Sriwijaya dan KA Raja Basa. Dari Tanjung Karang (Lampung), KA Sriwijaya berangkat jam 21.00, sedangkan KA Raja Basa berangkat jam 08.30. KA Sriwijaya sampai di Kertapati (dekat Palembang) jam 04.05. Sedangkan KA Raja Basa sampai di Kertapati jam 17.52. TInggal pilih mana. Kalau mau lihat pemandangan sepanjang jalur, sebaiknya menggunakan KA Raja Basa.

Lintas Kertapati - Lubuk Linggau, Jalur KA yang masih di bawah Divre III Sumatera Selatan ini dilayani oleh KA Sindang Marga dan KA Bukit Sarelo. KA Bukit Sarelo berangkat dari Kertapati jam 09.20 dan sampai di Lubuk Linggau jam 16.40. Jika menggunakan KA Sindang Marga, berangkat dari Kertapati jam 20.00 dan sampai di Lubuk Linggau jam 02.57. Lubuk Linggau adalah kota yang berbatasan dengan Provinsi Bengkulu.

Jalur segitiga bisa dibentuk dari Tanjung Karang - Kertapati - Lubuklinggau - Bengkulu - Tanjung Karang. Jalur Tanjung Karang - Kertapati - Lubuklinggau ditempuh menggunakan kereta api. Sedangkan jalur Lubuklinggau - Bengkulu - Tanjung Karang ditempuh menggunakan bis. Kalau saya lihat di peta "Atlas Indonesia dan Semesta Dunia" terbitan Djambatan tahun 2002, nama Tanjung Karang sudah tidak digunakan. Nama penggantinya (mungkin) adalah Bandar Lampung.

Mungkin yang paling asyik adalah mencoba KA Wisata di Divre II Sumatera Barat, yaitu KA Wisata Dangtuanku, KA Wisata D. Singkarak dan KA Wisata Mak Item. KA Wisata Dangtuanku melayani jalur Padang - Pariaman. Berangkat dari Padang jam 08.30, sampai di Pariaman jam 10.24. Lalu berangkat lagi dari Pariaman jam 13.50 dan sampai di Padang jam 15.42. KA Wisata Danau Singkarak melayani jalur Padangpanjang - Sawahlunto. Berangkat dari Padangpanjang jam 08.30, sampai di Sawahlunto jam 11.24. Berangkat lagi dari Sawahlunto jam 14.30 dan sampai kembali di Padangpanjang jam 17.24. KA Wisata Mak Item melayani jalur Muarakalaban - Sawahlunto. Berangkat dari Sawahlunto jam 1200 dan sampai di Muarakalaban jam 12.10. Berangkat lagi dari Muarakalaban jam 12.50 dan sampai kembali di Sawahlunto jam 13.10. Perjalanan menggunakan KA Wisata Mak Item dilakukan setelah menggunakan KA Wisata Danau Singkarak. Sehingga dalam satu hari bisa menjalani jalur Padangpanjang - Sawahlunto - Muarakalaban dan kembali lagi ke Padangpanjang.

PT. KAI Divre I Sumatera Utara & NAD memiliki beberapa jalur yang berpusat di Medan. KA Lintas Medan - Binjai dilayani oleh KA Feeder Sribilah dan KA Sri Lelawangsa. KA Lintas Medan - Belawan dilayani oleh KA Sri Lelawangsa. Jalur Medan - Tebingtinggi dilayani oleh KA Sri Lelawangsa. Jalur Medan - Pematangsiantar dialayani oleh KA Siantar Express. KA Lintas Medan - Tanjungbalai dilayani oleh KA Putri Deli. KA Lintas Medan - Rantauprapat dilayani oleh KA Sribilah Utama. Kemana jalur KA antara Medan - Banda Aceh ya? Seharusnya jalur ini melwati kota Binjai, Langsa, Lhokseumawe, dan Sigli.

Semoga bermanfaat.

Sumber : Majalah KA, edisi Mei 2010. Halaman 42

No comments:

Post a Comment