Tuesday, April 06, 2010

Teleconference dengan Skype

Skype telah menyediakan sarana untuk bisa melakukan teleconference atau video conference. Medianya bisa voice, video atau keduanya. Skype bisa berjalan di Windows, Mac OS X atau Linux (Ubuntu 8.10+, Debian Lenny, Fedora 10+, OpenSUSE 11+).

Beberapa langkah yang bisa dilakukan :
  1. Siapkan perangkat, seperti PC, Headset, webcam, dan perangkat lunak Skype sesuai sistem operasinya. Pastikan webcam dan headset kompatibel dengan PC. Biasanya webcam memiliki tool atau utiliti yang bisa digunakan untuk sekedar menguji webcam. Saya kebetulan menggunakan Logitech QuickCam E2500.
  2. Siapkan account di Skype, atau buat baru account. Jika sekedar lupa password, tidak perlu membuat account baru, cukup manfaatkan link "Lupa Password". Account yang digunakan adalah account gratis dari Skype. Oh ya, sebelum membuat account, download dulu aplikasi Skype-nya di download Skype. Untuk linux download di sini.
  3. Tentukan lawan teleconference anda, tentunya sesama pengguna Skype.
  4. Lakukan setting dan konfigurasi aplikasi Skype anda. Perhatikan menu mana saja yang harus diperhatikan, soalnya menunya banyak. Misal untuk setting mic, mau menggunakan mic yang ada di webcam atau mic eksternal.
Tips:
  1. Skype sebaiknya bisa untuk teleconference point to point, jika multipoint, video menjadi tidak bisa ditampilkan.
  2. Karena webcam sudut cakupannya hanya 45 derajat, sebaiknya atur tempat duduk jika yang ingin teleconference ber-banyak.
  3. Untuk suara yang jernih tanpa suara latar belakang (noise), bisa juga menggunakan clip-on mic yang menggunakan kabel.
  4. Gunakan webcam dengan resolusi minimal 640x480. Namun saya belum mengukur korelasi antara bandwidth dengan resolusi video.
Saya belum mengukur bandwidth yang digunakan untuk aplikasi Skype suara, Skype suara + gambar.

No comments:

Post a Comment