Wednesday, April 07, 2010

Instruksi Kerja Cek Keluhan Client

Untuk mempercepat tanggapan terhadap keluhan pengguna jaringan komputer, perlu ada prosedur baku. Setelah prosedur dibuat, maka prosedur tersebut harus terus menerus diperbaharui atau direvisi sesuai dengan perkembangan jaman dan teknologi. Karena seringnya keluhan pelanggan semacam ini, maka keberadaan prosedur akan sangat membantu sekali dalam melacak letak masalah. Prosedur akan membuat pekerjaan menjadi sistematis, apalagi disertai sebuah check list. Langkah-langkah pengecekan koneksi client yang bermasalah :
  1. Cek lalu lintas data ke satker. Gunakan MRTG satker di http://serpong.batan.go.id/mrtg/all/. Jika gagal, cek perangkat PPIN. Jika berhasil, lanjut ke langkah 2.
  2. Cek jumlah client di suatu satker. Ada 2 cara, melalui Proxy Server dan MikroTik. Jika melalui proxy server linux, gunakan utiliti nmap untuk mengetahui ada atau tidak client yang terkoneksi ke LAN Satker dan seberapa banyak client yang terkoneksi tersebut. Jika melalui MikroTik, gunakan menu Tools -> IP Scan -> pilih atau isi Interface dan Address Range -> Start. Tindakan ini untuk memastikan bahwa LAN satker tidak bermasalah. Jika gagal, cek perangkat PPIN. Jika berhasil, lanjut ke langkah 3. Untuk Kawasan PSJ, isikan Interface = eth4 dan isikan Address Range = 192.168.32.0/21. Pilihan ini akan mengecek dari IP = 192.168.32.0 s/d 192.168.37.256. Kalau Adrress Range = 192.168.32.0/22, maka hanya akan dicek IP = 192.168.32.0 s/d 192.168.35.256. Namun jika ingin mengecek pada salah satu Satker saja, isikan Interface = nama_satker dan Address Range = 192.168.kode_satker.0/24. nama_satker : patir, ppgn, ptkmr, pusdiklat dan pdin. kode_satker untuk patir = 32, ppgn = 33, ptkmr = 34, pusdiklat = 35, pdin = 36.
  3. Cek client yang mengadukan keluhan. Coba himbau pengguna untuk melakukan pengecekan sendiri, yaitu dengan mengakses situs satker (sebagai sampel situs intranet), situs detik (sebagai sampel situs lokal), dan situs Yahoo (sebagai sampel situs Internasional). Jika cek web satker gagal, lanjutkan ke langkah 4. Jika ke 3 cek gagal, cek perangkat PPIN dan lanjutkan ke langkah 4. Jika berhasil, tidak ada masalah.
  4. Cek koneksi si client dengan utiliti ping. Lakukan uji ping ke 2 titik, yaitu ke client lainnya yang masih dalam satu subnet atau satu Satker dan ke gateway satker. Perhatikan nilai TTL dan waktu-nya. Jika berhasil, tidak ada masalah. Jika gagal, lanjut ke langkah 5.
  5. Cek ke lokasi untuk mengetahui keadaan secara lebih terinci. Temui pengguna.
Sebenarnya proses pengecekan akan sangat cepat bilamana switch yang digunakan adalah switch layer 3 atau manageable switch.

Langkah pengecekan masalah pada webmail :
  1. Catat kuota yang terpakai
  2. Catat jumlah e-mail dalam INBOX
  3. Buka webmail dengan dengan server No. 3
  4. Laporkan ke Admin e-mail via telpon, SMS atau e-mail. Gunakan account e-mail lain atau account rekan lain yang tidak bermasalah.
Layanan terkait e-mail adalah penambahan kuota e-mail, penggantian alamat atau account e-mail, penggantian password e-mail (bukan melihat password), penambahan member ke milis kedinasan, pembuatan milis kedinasan, pembuatan account di suatu server tertentu.

No comments:

Post a Comment