Wednesday, February 24, 2010

Ancaman pada email

Beberapa ancaman yang bisa diterima pengguna email adalah virus, spam dan phishing. Virus bisa ditempelkan dalam attachment dan bisa juga dalam body. Selama kita tidak men-download attachment (yang mencurigakan) dan atau mengklik alamat dalam body email (yang mencurigakan), maka ancaman tersebut bisa diminimalkan. Bagi pengguna OSS, hal ini tidak perlu dilakukan. Karena umumnya virus menyebar ke pengguna Windows.

Spam adalah ancaman yang sering diterima para pengguna email, termasuk para pengguna email dari perusahaan kelas wahid seperti Yahoo. Spam adalah email yang tidak dikehendaki dan berpola. Jika tidak berpola, maka sulit ditangkal. Karena anti spam bekerja pada suatu pola yang ia pelajari. Spam memang tidak bisa dihindari sebagai akibat atau konsekuensi dari bermilis. Para penyebar spam berangkat dari data alamat email pada milis.

Pola spam sangat personal, jadi penanggulangan spam juga bersifat personal. Jika Anda merasa e-amil yang diterima adalah spam, tinggal masukkan ke folder spam atau junk. Folder inilah yang akan dianalisa dan dipelajari oleh anti spam untuk melakukan penanggulangan di masa mendatang. Spam adalah hal yang lumrah, tidak perlu misuh-misuh jika menerimanya. Terima sebagai suatu keniscayaan dari belantara informasi.

Phishing adalah menggunaan alamat email orang lain. Dalam dunia nyatapun ini sangat dimungkinkan. Misal Anda mengirim surat kepada seseorang, sementara alamat pengirim ditulis asal atau tidak ditulis sama sekali. Surat ini bisa sampai ke tangan si penerima, selama alamat penerima benar. Apalagi jika surat diantarkan sendiri.

Anda bisa juga mensimulasikan ini bila menggunakan mail client, bukan webmail. Contoh Mail client adalah Thunderbird, Evolution, Eudora, Outlook, Opera, Pegasus, dll (cek di http://en.wikipedia.org/wiki/Email_client). Anda bisa mengisi identitas dengan sembarang, baik di Full Name maupun alamat email.

Jadi, cobalah berhati-hati dalam menerima email dan gak usah panik. Jika merasa ada yang janggal, langsung saja hapus. Meskipun isinya menarik dan menggiurkan. Saya pikir, ini juga terjadi melalui SMS.

Yang perlu diperhatikan dari sebuah email adalah Subject, Sender (atau From), dan Body. Jika satu atau beberapa parameter ini terlihat janggal, sebaiknya abaikan dan hapus email tersebut. Jika Anda meng-klik "View Full Header", maka akan terlihat siapa pengirim sebenarnya, khususnya pada bagian "Received".

Received: from UPCUUNI (unknown [72.242.120.98])

Jika sekedar ingin tahu, cek IP Address tersebut menggunakan http://whatismyipaddress.com/.

Namun tampaknya Anda tidak perlu menyelidiki sejauh itu, wasting time. Yang penting, jika ada yang janggal dari ketiga parameter di atas, HAPUS.

Sumber :
http://www.sans.org/
http://en.wikipedia.org/wiki/Email_client

No comments:

Post a Comment

Post a Comment