Sunday, January 03, 2010

SecurView, utiliti untuk IP Camera

SecureView biasa digunakan untuk melihat tayangan dari IP Camera TRENDnet TV-IP422. Disamping dengan SecurView, IP Camera atau Internet Camera Server bisa dilihat juga dengan utiliti lain, yaitu Web Browser. Bedanya adalah, dengan SecureView tayangan bisa lebih maksimal. Artinya, tampilan bisa memenuhi seluruh layar tanpa ada frame segala. Disamping itu dengan SecurView bisa melihat beberapa IP Camera dalam satu layar, bahkan bisa hingga 16 camera sekaligus. Ini tentunya sangat cocok apabila digunakan untuk kegiatan semacam video conference antar beberapa lokasi.

Untuk mendapatkan utiliti SecurView, silahkan download dari : http://downloads.trendnet.com/

Ukuran file utility_securview(v1.2.0.21).zip ini mencapai 50 MB. Utiliti ini kemudian saya install di MS Windows XP. Dengan akses Internet menggunakan Speedy Family, saya mencoba melihat 2 camera sekaligus. Karena alasan bandwidth, setting video/audio kedua camera dibuat sama, yaitu :
Video Resolutions : VGA (yang lainnya QVGA dan QQVGA)
Video Quality : Low (yang lainnya Lowest, Normal, High, Highest)
Frame Rate : 15 fps (frame per second). FPS bernilai dari 1 s/d 30.

Video yang bisa dilayani adalah MPEG4, MJPEG, dan 3GPP. Hasil gambar bisa disimpan atau dikirim ke FTP Server. Karena ada fasilitas Pan & Tilt, kamera bisa diputar kiri-kanan dan atas-bawah secara remote melalui web browser dan SecurView. Jika kita sudah punya titik-titik pengamatan, titik-titik tersebut bisa disimpan. Sehingga untuk mengarahkan kamera ke titik tersebut tinggal klik nomornya, tidak perlu klik panah kiri-kanan atau panah atas-bawah.

Tip :
Membalik gambar :
Web Browser --> IP Address --> Setup --> Video/Audio --> Camera --> Image Setting --> Mirror : Vertical. Jangan lupa klik "Apply".

Menampilkan tanggal pada tayangan : 
Web Browser --> IP Address --> Setup --> Video/Audio --> Camera --> Overlay Setting --> Include Date & Time : enable. Jangan lupa klik "Apply".

Sinkronkan jam dengan NTP Server :
Web Browser --> IP Address --> Setup --> Basic --> Date & Time --> Setting --> Synchronize with NTP Server --> NTP Server Address : 203.160.128.178; Update Interval : 6 hours. Jangan lupa klik "Apply"

Mengatur Folder Hasil Penyimpanan
Aplikasi SecureView --> CONTROLS --> SETTING --> Reording Configuration --> Recording File Path : D:\Trendnet.
Secara default, hasil rekaman disimpan di C:\Documents and Settings\oper\My Documents\SecurView
Dari menu ini kita bisa membatasi kapasitas hard disk per kamera, misal 10 GB. Jika nanti hasil rekaman melebihi kapasitas ini, akan ada pesan Disk Full.

1 comment:

  1. Tks ulasannya, Saya mau nyoba juga utk di kantor, ntar boleh tanya2 ya.

    ReplyDelete