Monday, January 04, 2010

Instruksi Kerja Setting dan Konfigurasi Personal Website di Fedora

Pada dasarnya setiap user bisa punya website sendiri. Biasanya disebut sebagai personal website. Personal website diletakkan di folder userid, atau jika nama anda amir, maka foldernya adalah /home/amir/public_html/. Sebaiknya attribute /home/amir adalah 711 dan attribute /home/amir/public_html/ adalah 755. File-file personal website akan disimpan di folder /home/amir/public_html/. Sebaiknya attribute file-file HTML dan PHP adalah 755. Jika attribute tidak di-set seperti ini, maka akan muncul pesan kesalahan "403 Forbidden".

Sebelum melanjutkan, maka asumsinya adalah semua langkah ini dilakukan pada server Fedora yang sudah diinstalasi web server Apache. Jika sudah ada Apache-nya namun belum jalan, silahkan jalankan dengan perintah :
# /etc/rc.d/init.d/httpd restart

Secara default, folder public_html belum ada di setiap user. Untuk itu buatlah terlebih dahulu folder tersebut sebagai tempat tampungan file-file yang berhubungan dengan personal website anda. Setelah itu ubah attributenya sesuai rekomendasi di atas.
# mkdir /home/amir/public_html
# chmod 711 /home/amir
# chmod 755 /home/amir/public_html

Jika ingin membuat agar seluruh folder dan file di bawah folder public_html memiliki atribute yang sama semua, katakan 755, perintah barisnya adalah sbb :
# chmod -R 755 /home/amir/public_html

Selanjutnya buat sebuah file index.html dan letakkan di folder /home/amir/public_html. Sebeanrnya file ini dibuat sekedar untuk menguji apakah personal website sudah berfungsi atau belum. Kira-kira isi file index.html sbb :
<html>
<head>
<title>test</title>
</head>
<body>
<h1>Test</h1>
</body>
</html>

Edit file konfigurasi Apache di /etc/httpd/conf/httpd.conf. Bagian yang di-edit antara lain :
#UserDir disabled
UserDir public_html

Sebelumnya adalah :
UserDir disabled
#UserDir public_html

Setelah di-edit file httpd.cond, restart-lah httpd dengan cara :
# /etc/rc.d/init.d/httpd restart

Lakukan uji fungsi personal website dengan menggunakan web browser, lalu akses personal website dengan alamat : http://localhost/~amir/

Jika alamat personal website tidak ingin menggunakan tanda tilde (~), sehingga menjadi http://localhost/amir/, maka edit-lah file /etc/httpd/conf/httpd.conf dengan cara menambahkan baris sbb :

Alias /msmunir/ "/home/amir/public_html/"
<Directory "/home/amir/public_html">
Options Indexes MultiViews FollowSymLinks
AllowOverride None
Order allow,deny
Allow from all
</Directory>

Jalan lupa restart kembali httpd setelah usai mengedit.
# /etc/rc.d/init.d/httpd restart

Sekarang akses personal website dengan alamat : http://localhost/amir/

Perhatikan bahwa owner folder /home/amir/, /home/amir/public_html/ dan file-file yang ada di folder /home/amir/public_html/ haruslah user amir dan group amir. Jika tidak lakukan perubahan seperlunya, misal
# chown -R amir:amir /home/nusa

-R artinya hingga seluruh sub folder dan file yang ada di bawahnya.

Untuk membuat web yang berisi file semacam ftp server personal, saya tidak bisa mengandalkan folder /home/amir/public_html. Saya akhirnya membuat folder di /homel/amir/download/. Folder ini saya ubah owner-nya ke amir agar amir bisa menambah file ke folder ini. Selanjutnya membuat simbolik link untuk folder /home/amir/download/ ke /var/www/html.
# mkdir /home/amir/download
# cd /var/www/html/
# ln -s /home/amir/download/ /var/www/html/amir
Sekarang silahkan upload file ke /home/amir/download/ dengan FTP Client atau apapun. Untuk melihat file hasil upload silahkan gunakan web browser dengan alamat http://localhost/amir/

No comments:

Post a Comment