Wednesday, September 23, 2009

Truk Tronton

Waktu kecil dulu, kalau lihat mobil truk dengan sepuluh roda, anak-anak menyebutnya truk tronton. Saya gak habis pikir, kenapa disebutnya truk tronton? Setahuku, namanya truk Reo Cargo. Begitulah yang aku baca di dashboard truk tersebut. Nama sebenarnya adalah "REO M35 2.5 ton Cargo Truck". Kalau gak salah buatan AM General, AS. Kemudinya saja ada di sebelah kiri, sesuai peruntukannya. Seperti kita tahu bersama, di AS mobil berjalan di sebelah kanan, seperti juga di Filipina, Kamboja, dan Laos. Negara-negara ASEAN lain sih di sebelah kiri, seperti di negri kita. Truk Reo Cargo digunakan untuk menarik meriam Russia tipe 57 mm AA gun S-60 atau 57mm/S-60.

Dari main-main di atas truk Reo Cargo M35 ini saat aku kecil di Asrama Resimen ARHANUD-1 di Tanjung Priok, aku jadi tahu kalau speedometer-nya menggunakan satuan mile/hour, (mph) bukan km/jam seperti kendaraan-kendaraan di Indonesia pada umumnya. Tentunya sang pengemudi harus waspada. Misal ia melihat jarum speedometer pada posisi 60, bisa saja itu berarti 100 km/jam, sebuah kecepatan yang sangat tinggi untuk ukuran sebuah truk. Jadi, pengemudi kendaraan ini harus mampu melakukan konversi secara cepat. Dan tidak hanya satuan speedometer saja yang perlu dikonversi, satuan suhu juga masih pakai Fahrenhait (bukan Celcius), satuan volume masih pakai gallon (bukan liter), dan banyak satuan lain yang perlu ditengarai, misal berat, panjang.

Kendaraan ini menggunakan bahan bakar solar. Ini adalah standar bahan bakar kendaraan militer. Solar adalah bahan bakar tidak mudah meledak atau mudah tersulut seperti bensin. Jika kendaraan terkena bahan peledak, kendaraan tidak meledak dua kali. Bayangkan jika bahan bakar menggunakan bensin, saat terkena ranjau atau bazoka atau bom lain, kendaraan akan meledak bukan saja karena bom tapi juga karena bahan bakarnya sendiri.

Selain AS, Korea Selatan juga memproduksi kendaraan jenis ini, khususnya KIA Motor. Truk buatan KIA sempat masuk ke Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari posisi kemudi. Kendaraan produk Korea menggunakan kemudi kanan. Kode produksi varian M35 dari KIA disebut KM-25.

Sumber :
REO M35 2.5 ton Cargo Truck
Wikipedia Truk Reo
Wikipedia Meriam S-60

No comments:

Post a Comment