Friday, September 25, 2009

ATV (All Terrain Vehicle)

ATV adalah sejenis sepeda motor namun memiliki 4 roda, bahkan ada yang memiliki 6 roda seperti produk Polaris. Sesuai namanya ATV, kendaraan ini diharapkan mampu menempuh berbagai medan, mampu dipindahkan secara mudah dan dapat diterjunkan dari udara (air transportable/droppable) untuk mendukung mobilitas pasukan infrantri. Itulah keinginan dasar yang ingin dicapai dengan kehadiran ATV.

Keberadaan ATV saat ini, lagi-lagi terinspirasi oleh keunggulan teknologi militer pasukan Jerman selama PD II. Saat itu namanya adalah Kettenkrad. Ini adalah sejenis kendaraan sepeda motor namun roda belakangnya menggunakan rantai seperti tank. Bisa ditumpangi oleh 2 orang atau lebih. Karena dikombinasikan dengan penggerak model rantai, Kettenkrad mampu digunakan untuk daerah bersalju. Sehingga Kettenkrad menjelma menjadi kendaraan tempur ringan yang serba bisa untuk satuan infrantri.

Pabrik yang memproduksi ATV antara lain adalah Suzuki, Yamaha, Honda, Kawasaki, Artic Cat, Polaris, John Deere, Bombardier, Lohr Fardier, Alpentre, Faun Kraka, Supacat. Tipe-tipe ATV antara lain : Polaris Sportsman 700MV, Polaris Sportsman 500, Polaris 330 Magnum, Yamaha Kodiak 400, Lohr Fardier FL 500, Faun Kraka 640, Honda FourTrax Rancher 4x4, John Deere Gator. Untuk informasi lebih lengkap mengenai berbagai merek dan tipe, silahkan kunjungi http://www.atv.com/.

Bagi yang memiliki informasi dimana bisa menyewa ATV, silahkan isi komentar di bawah ini. Jangan lupa cantumkan tarif dan lokasi. Bila perlu nomor telpon yang bisa dihubungi.

Sumber :
Majalah Commando, "War Machine Series: Military All-Wheel Drive", Mei 2009.

No comments:

Post a Comment