Thursday, September 10, 2009

Survey Penggunaan OSS

Untuk mengetahui sudah sejauh mana penggunaan Open Source Software (OSS) perlu sekali dilakukan survey. Survey dapat dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada lembaga atau langsung kepada pengguna akhir. Namun agar data lebih akurat, kuesioner sebaiknya disebarkan langsung ke pengguna akhir (end users). Tujuan survey adalah menginventarisir jumlah pengguna OSS, aplikasi OSS yang sudah digunakan, dan kendala-kendala yang dihadapi pengguna.

Pada dasarnya survey dibagi menjadi 5 kelompok besar, yaitu :
  1. Oraganisasi dan pemanfaatan teknologi informasi
  2. Perangkat lunak server
  3. Website
  4. Perangkat lunak pada komputer kerja (PC dan Notebook)
  5. Pengetahuan tentang program IGOS dan aplikasi OSS
Strategi yang kami tempuh adalah menyebarkan kuesioner ke seluruh pengguna akhir komputer khusus untuk bagian "Perangkat lunak pada komputer kerja (PC dan Notebook)" dan "Pengetahuan tentang program IGOS dan aplikasi OSS" saja. Sementara bagian yang lain, akan diisi oleh lembaga.

Pertanyaan terkait dengan "Perangkat lunak pada komputer kerja (PC dan Notebook)" adalah sbb :
  1. Operating sistem apa saja yang digunakan dalam komputer anda?
  2. Aplikasi perkantoran apa saja yang terinstal dalam komputer anda?
  3. Aplikasi web browser apa saja yang terinstal dalam komputer anda?
  4. Apakah anda menggunakan aplikasi khusus di bidang TIK di komputer anda? Contohnya : Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian, Sistem Informasi Manajemen Kependudukan, Aplikasi RKAKL, dll? Sebutkan :
  5. Sebutkan software engineering khusus yang digunakan oleh komputer anda (seperti autocad, arcview, mapinfo, dsb)
  6. Dari kriteria-kriteria dibawah ini hal apa yang menjadi alasan anda menggunakan aplikasi berbasis open source pada komputer anda? Berikan tanda silang (x) pada tempat yang disediakan. (jawaban boleh lebih dari 1)
Pertanyaan terkait dengan "Pengetahuan tentang program IGOS dan aplikasi OSS" adalah sbb :
  1. Apakah anda mengetahui tentang IGOS yang dideklarasikan pada tahun 2004?
  2. Apakah anda tahu tentang surat edaran MenPAN No. SE/01/M.PAN/3/2009 tentang pemanfaatan Perangkat Lunak Legal dan OSS?
  3. Apakah menurut anda, anda bisa memenuhi target dari surat edaran MenPAN di atas, selambat-lambatnya tanggal 31 Desember 2011 sudah menerapkan penggunaan Software legal secara menyeluruh
  4. Apakah anda pernah melakukan migrasi aplikasi ke Open Source Software (OSS) n. Jika anda pernah melakukan migrasi aplikasi ke OSS, masalah-masalah apa saja yang timbul dalam proses migrasi?
  5. Bagaimana pendapat anda, apakah anda : (1) sangat tidak setuju, (2) tidak setuju, (3) ragu-ragu, (4) setuju, (5) sangat setuju, (6) tidak tahu sama sekali dengan yang dimaksud pernyataan berikut ini :

No comments:

Post a Comment