Tuesday, September 08, 2009

Aplikasi under Windows yang perlu di-IGOS-kan

Untuk mendukung program IGOS, kendala yang harus diatasi adalah bagaimana agar aplikasi-aplikasi yang selama ini under Windows bisa jalan juga di IGOS atau Linux. Salah satu cara yang ditempuh adalah mengujicobakannya di Linux dengan menggunakan emulator Windows, misal Wine atau CrossOver. Tanpa bisa dimigrasi ke IGOS, pengguna akan enggan dan memiliki alasan kuat untuk tidak mau migrasi ke IGOS atau OSS.

Aplikasi yang umum digunakan di tanah air kita yang perlu di-IGOS-kan adalah aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh Departemen Keuangan (ironis ya?). Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain :
  1. SAKPA atau Sistem Akuntansi Keuangan Pengguna Anggaran, adalah aplikasi untuk pelaksanaan Sistem Akuntansi Keuangan (SAK) satker. Outputnya berupa Neraca dan Laporan Realisasi Anggaran (LRA), baik realisasi penerimaan maupun penerimaan.
  2. SABMN atau Sistem Akuntansi Barang Milik Negara, merupakan aplikasi yang digunakan untuk pencatatan dan pelaporan asset yang dikuasai satker dalam rangka pelaksanaan akuntansi aktiva tetap. Output berupa Laporan Barang Milik Negara, Laporan Kondisi Barang, dan Laporan Posisi BMN dalam Neraca.
  3. SPM atau Surat Perintah Membayar, adalah aplikasi yang digunakan untuk mengajukan pembayaran kepada KPPN. Output berupa SPM.
  4. RKA-KL atau Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga, adalah aplikasi untuk menyusunan anggaran atau RAPBN Pemerintah. Jika RKA-KL sudah mendapat persetujuan, muncullah DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) dan POK (Petunjuk Operasional Kegiatan).
Aplikasi yang dikembangkan oleh BATAN sendiri yang terkait dengan aplikasi-aplikasi di atas adalah SIPAN.

Keberhasilan uji coba dapat diukur melalui 5 indikator :
  1. Mampu dijalankan di sistem operasi IGOS meskipun dengan emulator
  2. Mampu dientry melalui keyborad
  3. Output bisa ditampilkan di layar monitor
  4. Output bisa dicetak
  5. Output bisa disimpan di dalam file
Jika ke-lima indikator ini mampu dilalui, maka bisa dikatakan bahwa aplikasi tersebut sudah bisa dijalankan di IGOS.

Keberhasilan migrasi ini akan sangat berdampak luas, karena seluruh satker yang ada diseantero nusantara menggunakan aplikasi-aplikasi ini. Dan akan lebih berhasil guna lagi jika aplikasi-aplikasi di atas dikembangkan untuk sistem-sistem operasi lain, misal Linux dan Mac OS. Hal ini akan memberi kebebasan pengguna untuk menggunakan sistem operasi yang disukai. Jadi tidak dipaksa untuk menggunakan WIndows XP, 2000, dan Vista seperti yang tercantum dalam manual aplikasi tersebut.

No comments:

Post a Comment