Thursday, September 17, 2009

IP Camera TRENDnet TV-IP200

Karena sulit mendeteksi alamat IP dari IP Camera TRENDnet TV-IP200 meskipun dengan perintah baris "nmap -sP", akhirnya IP Camera di-reset untuk dikembalikan ke nilai parameter awal. Reset dilakukan dengan menekan tombol Reset di bagian belakang kamera hingga LED Power (warna biru) berkedip-kedip. Reset ini akan menyebabkan alamat IP dari IP Camera dikembalikan ke factory default, yaitu 192.168.0.20. Selanjutnya, untuk melakukan pengesetan, komputer terpaksa harus disamakan subnetnya agar bisa mengakses web based management-nya. Biasanya yang diset adalah :

  1. Alamat IP, subnet dan gateway
  2. Username dan password untuk Admin
  3. Lokasi penempatan kamera
  4. Video resolution: pilih salah satu, 320x240 atau 640x480. Untuk hemat bandwidth, pilihlah yang kecil.
  5. Compression rate : pilih salah satu, very low, low, medium, high atau very high.
  6. Date & Time. Setiap kali listrik dimatikan, parameter ini selalu kembali ke awal.
  7. FTP Server, kalau hasil gambar ingin disimpan atau dikirim ke suatu FTP Server.
Pengesetan dilakukan dengan bantuan web browser. Alamat situs sama dengan alamat IP dari IP Camera ini, misal http://192.168.0.20/, tanpa menggunakan port atau https.

Untuk mengamankan IP Camera, perangkat bisa dipasang otentikasi dengan username dan password. Sekali sudah dipasang username dan password, melihat gambarpun harus memasukkan username dan password. Jika user "admin" bisa melakukan perubahan konfigurasi, maka perlu ada user lain yang bisa melihat namun tidak bisa melakukan perubahan apapun. Untuk membuat username, katakan "oper", maka masuklah ke menu "Users", lalu masukkan "User Name", "User Password" dan "I/O Output Control = Yes". Jangan lupa klik "Add".

IP Camera diletakkan di Ruang Workshop dan Ruang NOC. Agar bisa diakses dari manapun, IP Camera menggunakan IP Public. Khusus untuk IP Camera yang berada di Ruang Workshop, kamera dipasang di atas rotater (pemutar), agar bisa melihat seluruh sudut ruangan. Sementara IP Camera yang berada di Ruang NOC, kamera dipasang secara statis. IP Camera di Ruang NOC menggunakan PoE (Power over Ethernet), satu dipasang bagian PoE dipasang pada sisi Switch dan satu bagian PoE lagi dipasang di sisi kamera. Catu daya diletakkan pada sisi Switch.

Dulu pernah dibuat script yang bisa menampilkan gambar tanpa header atau frame, gambar tok. Namun dicari-cari gak ketemu juga. Kalau ada waktu, mau dicari lagi.

No comments:

Post a Comment