Friday, October 18, 2013

Edit File PDF

Biasanya untuk mengedit file PDF pake Adobe Acrobat. Namun untuk sekedar mengedit file PDF juga bisa dilakukan secara online, yaitu dengan CutePDF Editor (The FREE cloud-based PDF editor). Coba aja masuk ke http://www.cutepdf-editor.com/. Dengan aplikasi ini, kita bisa menghapus halaman tertentu (Delete Pages) dan menggabungkan 2 file PDF (Merge PDFs). Ini saya butuhkan ketika ada file PDF yang harus saya edit karena ada kesalahan redaksional. Atau menggabungkan file PDF hasil scan dengan hasil export dari Apache OpenOffice.org.

Langkahnya :
1. Masuk ke halaman http://www.cutepdf-editor.com/
2. Klik "Start to Edit Your PDF File Now - FREE!"
3. Klik "Open File" lalu cari file PDF yang mau di-edit.
4. Lakukan editing, misal menghapus halaman tertentu. Coba menu yang ada di sebelah kiri "Delete Pages". Masukkan halaman yang mau dihapus.


5. Simpan hasil perubahan denga  klik menu "Save" yang ada di bagian bawah. Bisa juga menyimpan dengan nama lain.
6. Jika sudah selesai, silahkan Close. Menu ada di pojok kanan bawah.

Jika ingin menggabung 2 buah file PDF, silahkan klik menu "Merge PDFs". Pilih file yang mau digabung dan tentukan akan diletakkan di bagian mana dari file utama.


Saya mencoba menggabung 2 buah file PDF, yang satu dari hasil export menggunakan OpenOffice.org dan yang satu lagi menggunakan scanner HP, menggunakan Adobe Acrobat, selalu error. Menggunakan CutePDF Editor, dapat dilakukan dengan sempurna.

Saya coba lagi menggabung 2 buah file PDF, yang satu dari hasil export menggunakan OpenOffice.org dan yang satu lagi menggunakan scanner Fujitsu, menggunakan Adobe Acrobat, dapat dilakukan dengan sempurna.

Kesimupulannya : belum tahu. Namun setidaknya dengan CutePDF Editor, masalah bisa teratasi.


No comments:

Post a Comment