Thursday, September 26, 2013

ICANSE 2013

The 4th International Conference on Advances in Nuclear Science and Engineering atau ICANSE 2013 adalah ajang pertemuan para praktisi dan peneliti bidang nuklir yang bertaraf internasional. ICANSE 2013 diselenggarakan di Hotel Aston Denpasar, Bali pada 16 – 19 September 2013. Konferensi dihadiri oleh lebih dari 60 peserta yang berasal dari 7 negara. Adapun karya tulis ilmiah yang disajikan dalam konferensi ini adalah 77 buah. 12 karya tulis ilmiah diantaranya berasal dari BATAN.

ICANSE 2013 diselenggarakan atas kerjasama antara Departemen Fisika ITB dengan Pusat Pengembangan Informatika Nuklir BATAN. Kerjasama antara ITB dan BATAN ini sudah yang keempat kalinya dan diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Makalah-makalah terpilih dalam konferensi ini akan dipublikasikan di Annals of Nuclear Energy (Elsevier), Science Direct, Journal of Science, dan Atom Indonesia Journal (AIJ). AIJ saat ini sedang dalam tahap indeksasi di SCOPUS guna proses internasionalisasi.

ICANSE 2013 yang dihadiri oleh peserta dari Indoensia, Jepang, India, Amerika Serikat, Singapura, Russia dan Arab Saudi dibagi dalam 10 topik utama, yaitu Innovative NPP, Fuel and Fuel Cycle, Computation, Radiation and Biophysics, Thermal Hydraulic, Nuclear and Particle Physics, Energy Policy, Nuclear Reactor Safety, Nuclear Materials, dan Nuclear Safeguard.

ICANSE 2013 dibuka oleh Deputi Kepala BATAN bidang Pengembangan Teknologi dan Energi Nuklir, Dr. Ferhat Aziz. Sedangkan penutupan dilakukan oleh Prof. Hiroshi Sekimoto (University California Berkeley, US) dan juga selaku Ketua Advisory Board ICANSE 2013. Selain itu beberapa pembicara kunci yang menarik adalah Prof. Sumer Sahin (Atilin University, Turkey), Dr. Liem Peng Hong (NAIS Co. Inc., Japan), Dr. Mitsutoshi Suzuki (JAEA), Dr. P.D. Krishnani (BARC, India), Prof. Abdullah S. Alkheliewi (KACST, Saudi Arabia), Prof. Evvy Kartini (BATAN), Dr. Sulfikar Amir (NTU, Singapore), Dr. Ferhat Aziz (BATAN), dan Prof. Zaki Su'ud (ITB).

No comments:

Post a Comment