Saturday, February 16, 2013

Auto Replay Saat Kamu Liburan

Ketika kamu sedang berlibur, kadang kala perlu juga untuk gak mau menerima e-mail. Supaya yang mengirim e-mail gak penasaran kenapa e-mailnya gak dijawab-jawab, sebaiknya aktifin aja fitur auto replay. Kebetulan yang saya pakai adalah webmail kantor. Katanya sih pakai postfix dan dikemas dengan squirrelmail.

Cara aktifn Auto Replay saat kamu liburan :
Pilih Options --> Message Filters --> Add a New Rule ==> Header & To or Cc & contains & admin@batan.go.id (atau isi alamat email kamu) ==> klik radio button "Vacation: The notice will be sent only once to each person that sends you mail, and will not be sent to a mailing list address."
Nanti akan muncul isian sbb :
Addresses: Only reply if sent to these addresses: admin@batan.go.id (atau isi alamat email kamu)
Days: Reply message will be resent after .... days (isi titik-titik dengan jumlah hari, defaultnya 7 atau seminggu)
Use the following message:
"This is an automated reply; I am away and will not be able to reply to you immediately. I will get back to you as soon as I return." (ini isian default)
Tapi kalo mau ganti, silahkan ketik aja di box tersebut. Misal,
"Maaf saya sedang cuti hingga tanggal ....."

==> klik Add New Rule

Namun fitur ini tidak melulu diisi bila kamu sedang liburan saja, bisa dipakai untuk keperluan lainnya. Yang penting "Be creative".

Kegunaan Lain
Misal, jika kamj ingin menjawab secara otomatis untuk email yang subject-nya berisi "registrasi ulang", bisa juga dilakukan dengan cara ini. Ini di atur pada Rule-nya, yaitu Header, To or Cc dan contains. To or Cc silahkan ganti dengan Subject. Contains silahkan isi dengan registrasi ulang.

Saya mencoba kirim email dengan akun lain dengan subject "Registrasi Ulang" atau "registrasi ulang" akan dibalas secara otomatis. Entah bila subjectnya "[Registrasi Ulang].

No comments:

Post a Comment